Tujuh tahanan kabur dari Pengadilan Negeri Pelalawan

id Tahanan kabur, Kejari Pelalawan,tahanan kabur di riau,polres pelalawan,berita hari ini,berita riau terbaru,berita riau terkini,berita riau antara,beri

Tujuh tahanan kabur dari Pengadilan Negeri Pelalawan

ilustrasi tahanan kabur (Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Tujuh tahanan yang sedang jalani proses persidangan telah melarikan diri dari ruang tahanan Pengadilan Negeri Pelalawan, Provinsi Riau.

"(Mereka) kabur saat menunggu proses sidang, karena ada beberapa tahanan lainnya sedang sidang," kata Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan Nophy Tennophero South kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu.

South mengatakan insiden kaburnya para tahanan yang seluruhnya laki-laki tersebut terjadi pada Selasa petang kemarin sekitar pukul 17.30 WIB (19/3). Mereka terdiri dari enam orang yang berperkara narkoba, dan seorang tindak pidana pencurian

Sementara itu, Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi menjelaskan insiden kaburnya para tahanan yang ditahan di Pengadilan Negeri Pelalawan itu berlangsung cepat dengan cara menjebol teralis kamar mandi.

"Mereka kabur dari sel di Pengadilan Negeri dengan cara merusak menjebol teralis kamar mandi," ujar Kaswandi.

Baca juga: Gawat, 100 Lebih Tahanan Kabur Sialang Bungkuk Masih Berkeliaran!!

Dia menjelaskan, saat kejadian ketujuh tahanan berstatus terdakwa berada dalam satu sel yang sama. Ada yang sedang menunggu untuk diadili, ada yang menunggu tahanan lain selesai sidang.

Dengan memanfaatkan kelengahan petugas, para tahanan itu bergerak ke bagian belakang sel bagian kamar mandi. Di sana mereka merusak teralis kamar mandi yang kemungkinan sudah rapuh.

"Kalau petugas kan berjaga di bagian depan sel. Para tahanan kejaksaan ini bergerak ke arah kamar mandi. Jadi tidak kelihatan. Karena sebelum sampai kamar mandi memang ada ruang lagi," ujarnya.

"Anggota kita dan Kejaksaan jadi tak memantau. Jadi teralis yang dijebol mereka. Kayaknya (teralis) tidak kuat," lanjut Kaswandi.

Baca juga: Picu Ratusan Tahanan Kabur, Pelaku Pungli Rutan Sialang Bungkuk Divonis 2 Tahun

Lebih jauh, ia mengatakan dari tujuh tahanan yang kabur, satu diantaranya telah berhasil diringkus kembali. Satu orang tahanan yang berhasil ditangkap itu ditemukan tidak jauh dari PN Pelalawan. Sementara enam lainnya masih dinyatakan buron dan ditetapkan sebagai DPO.

"Kita allout (melakukan pengejaran), dibantu warga," tegasnya.

Berikut identitas para tahanan yang melarikan diri tersebut. Guntur Saputra (kasus pencurian), Septian Ade Fernandes (narkotika), Eko Siswanto (narkotika), Praja Sutanan (narkotika), Junaidi (narkotika) dan Arnius Hulu (narkotika). Sementara tahanan yang berhasil ditangkap, adalah Rian Hidayat (narkotika).

Baca juga: Kabur dari Rutan Sialang Bungkuk, Tahanan ini Beralih jadi Pengedar

Dari informasi yang dihimpun, lima dari 7 tahanan yang kabur tersebut merupakan hasil penindakan Polres Pelalawan. Sisanya, dari pihak Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Pelalawan.

Kabid Pemberantasan BNNP Riau AKBP Haldun, saat dihubungi terpisah membenarkan jika dua orang tahanan yang melarikan diri itu merupakan hasil penindakan BNNK Pelalawan.

Adapun satu tahanan BNN Pelalawan yang belum tertangkap itu diketahui bernama Septian Ade yang dikenal sebagai bandit narkoba dengan barang bukti berupa 1,3 kilogram sabu-sabu serta 5.000 butir pil ekstasi.

Baca juga: Seorang Tahanan Kabur Rutan Pekanbaru Tertangkap Terlibat Kasus Narkoba lagi

Baca juga: Kabur Dari Mobil Polisi Pekanbaru, Tahanan Ini Tertangkap Di Sumbar