Banyak Penduduk Bengkalis Tidak Miliki KTP Elektronik

id KTP-elektronik,Bengkalis

Banyak Penduduk Bengkalis Tidak Miliki KTP Elektronik

Ilustrasi Disdukcapil Riau Cicil Pencetakan KTP-e Program GISA (Vera)

Pekanbaru,(Antaranews Riau) - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis Susianto, mengatakan penduduk Kabupaten Bengkalis banyak yang belum memiliki KTP karena ketersediaan blanko e-KTP yang minim.

"Penduduk Kabupaten Bengkalis yang tidak mempunyai KTP tentu menyebabkan segala urusan mereka menjadi terhambat, sehingga ketersediaan blanko harus segera diupayakan," kata Susianto dalam keterangannya di Bengkalis, Selasa.

Menurut dia, kondisi minimnya ketersediaan blanko e-KTP tersebut, perlu terus diupayakan ke pusat dan hingga kini sudah masuk upaya ketiga kalinya, agar blanko tersebut segera dipenuhi.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap KTP, katanya, ini sudah menjadi tugas komisi I sebagai mitra kerja Disdukcapil untuk menjalankan fungsi pengawasan sebagaimana mestinya dan dewan Bengkalis telah berkunjung ke Dirjen Dukcapil Wilayah I Kemendagri RI.

"Kita berharap menjelang Pemilu Pilres dan Legislatif, permasalahan kekurangan Blangko E-KTP diharapkan sudah bisa diselesaikan karena ini sangat mempengaruhi masyarakat khususnya dalam melakukan pemilihan menyukseskan Pilpres dan Pileg 2019," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta Disdukcapil Bengklias untuk terus berkoordinasi dengan Provinsi Riau untuk menanyakan Blangko E-KTP yang dikirimkan oleh pusat secara bertahap itu.

Ia menambahkan, sehubungan dengan proses pembuatan akte kelahiran, menurut Dra. Riama Duma Sirait, Kasi Wilayah I, bahwa sekarang sudah dipermudah dan diatur dalam Permendagri No. 9 Tahun 2018.

"Informasi ini harus di sosialisasikan kepada masyarakat supaya lebih tahu dan paham bagaimana prosesnya pembuatan akte kelahiran itu," katanya.