Pemkab Siak berikan layanan perekaman KTP di SMAN 1 Tualang secara gratis

id Perekaman KTP Elektronik, SMAN 1 Tualang, Pemkab Siak

Pemkab Siak berikan layanan perekaman KTP di SMAN 1 Tualang secara gratis

Bupati Siak Alfedri memberikan KTP Elektronik kepada seorang pelajar SMAN 1 Tualang. ANTARA/HO-Pemkab Siak

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau memberikan kemudahan layanan pembuatan atau perekaman Kartu Tanda Penduduk bagi pelajar usia 17 tahun dan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tualang.

"Kami memberikan pelayanan perekaman KTP-EL bagi pelajar di SMA 1 Tualang yang telah berusia di atas 17 tahun, secara gratis,” kata Bupati Siak, Alfedri di acara Bupati Goes To School, Senin.

Menurut Alfedri, ini merupakan inovasi pihaknua dalam memberikan pelayanan pembuatan KTP bagi masyarakat khususnya pelajar tingkat SMA sederajat. Alfedri mengklaim, terkait layanan perizinan, Kabupaten Siak mendapat rangking dua terbaik se-Indonesia.

Seperti halnya program pembuatan KTP di sekolah saat ini kata dia perdana dilalukan Indonesia. Dikatakannya bahwa pemerintah harus jemput bola dan memberikan kemudahan bagi anak-anak yang usianya sudah masuk 17 tahun.

"Tentu dengan begitu, kalian tak perlu jauh-jauh ke Siak untuk mengurus KTP,” sebutnya.

Tidak hanya itu, Alfedri juga menginstruksikan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk turun ke Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) l. Hal ini untuk memudahkan anak-anak dalam membuat Kartu Identitas Anak (KIA).

Alfedri lebih lanjut mendorong serta memberi semangat kepada pelajar SMA 1 Tualang yang merupakan generasi penerus bangsa untuk rajin dan tekun belajar guna menggapai mimpi dan cita-cita. Dia berpesan agar terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena Pemkab Siak memberikan beasiswa bagi siswa berprestasi.

“Kami melakukan investasi, untuk meningkatkan Sumber Saya Manusia anak Siak, dengan cara memberikan beasiswa, untuk siswa yang berprestasi, anak Program Keluarga Harapan dan Hafiz Al-Quran,” ucapnya.