Disdukcapil Pekanbaru buka perekaman KTP-e keliling

id Disdukcapil, KTP elektronik

Disdukcapil Pekanbaru buka perekaman KTP-e  keliling

Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) Kota Pekanbaru buka perekaman KTP-e keliling (Antaranews)



Pekanbaru (Antaranews Riau) - Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru membuka pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik secara keliling agar lebih efektif menjangkau warga yang belum melakukan perekaman data KTP-e tersebut.

"Perekaman di kecamatan bergilir, kemarin di Tampan, hari ini Tenayan Raya," kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan tujuan perekaman keliling untuk menyukseskan Pemilu 2019 yang bakal bergulir pada April mendatang serta merekam warga yang belum tersentuh selama ini, termasuk masyarakat yang telah berusia 17 tahun pada 13 Februari 2019.

Selain itu, katanya, agar masyarakat memiliki data identitas diri yang terpusat.

Baca juga: Jelang Pemilu 2019, Disdukcapil Inhil Sosialisasi Warga Binaan Perekaman E-KTP

"Masyarakat nantinya hanya punya satu identitas. Data identitas ini bisa dimanfaatkan berbagai lembaga, baik pemerintah maupun swasta yang ada kerja sama dengan Kemendagri. Untuk itu, kami mengimbau segera lakukan perekaman," katanya.

Ia menjelaskan dalam pogram itu, petugas akan mendatangi kantor camat yang sudah dijadwalkan. Warga cukup membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Ditanya batas waktu kegiatan itu, mantan Camat Tampan itu, mengatakan bahwa perekaman KTP-e serentak akan dilakukan setiap saat.

Apalagi, pihaknya telah menerima instruksi Kemendagri untuk menyelesaikan perekaman KTP-e hingga akhir Februari ini.

"Kita lihat saja nanti. Bisa saja setiap hari kita buka, atau setelah di kecamatan lain, lusa kita buka lagi perekaman serentak di sini untuk mengejar target rekam selesai hingga Februari ini," katanya.

Berdasarkan keterangan, warga antusias ikut proses perekaman data KTP-e keliling di Kantor Lurah Simpang Baru, Kecamatan Tampan pada Rabu (13/2), pukul 08.30- 12.00 WIB. Hal serupa juga terjadi di Tenayan Raya, pada Kamis ini.

"Kemarin yang sudah melakukan perekaman di Tampan kurang lebih ada 30 KK. Sementara masih ada berkas yang telah masuk namun menunggu melakukan perekaman sebanyak 54 KK kurang lebih," katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang belum melakukan perekaman data KTP-e untuk datang dalam kegiatan itu.

Baca juga: Sebanyak 30 Orang Honorer Disdukcapil Kabupaten Indragiri Hulu Layani Pembuatan Administrasi Kependudukan

Baca juga: Disdukcapil Riau Cicil Pencetakan KTP-e Program GISA


Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar