Banggar DPRD Riau Yakini Ketuk Palu APBD Riau 2019 tak Akan Molor

id banggar dprd, riau yakini, ketuk palu, apbd riau, 2019 tak, akan molor

Banggar DPRD Riau Yakini Ketuk Palu APBD Riau 2019 tak Akan Molor

Pekanbaru (Antarariau.com) - Meski hingga saat ini, KUAPPAS RAPBD 2019 masih belum kunjung disepakati. Namun, Badan Anggaran DPRD Riau tetap optimis ketuk palu APBD 2019 tidak akan molor dari target pengesahan pada akhir November ini.

"Kita yakin cepat selesai dan tidak akan terlambat. Pembahasan lebih diutamakan di KUAPPAS, disitu dimatangkan, selanjutnya baru penandatanganan MoU," kata Anggota Banggar DPRD Riau, Suhardiman Amby di Pekanbaru, Selasa.

Menurutnya, hal itu mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) untuk lebih mematangkan pembahasan KUAPPAS RAPBD 2019, kemudian baru akan disepakati oleh Banggar DPRD Riau dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Pemprov Riau.

Ketika MoU atau nota kesepahaman KUAPPAS sudah ditandatangani, maka pembahasan anggaran menurut Sekretaris komisi III DPRD Riau ini tidak akan memakan waktu yang lama.

"Kalau sudah tandatangan MoU, maka tidak lama lagi prosesnya, paling dua atau tiga hari untuk pembahasan anggaran," ujarnya.

Sementara, menurutnya lagi, untuk pembahasan di Komisi-komisi DPRD Riau tidak wajib dilaksanakan, kalaupun dilaksanakan tidak akan memakan waktu yang lama.

Dia mengatakan saat ini pihaknya masih mencocokkan atau melakukan harmonisasi dengan penganggaran yang baru, terkait adanya penambahan anggaran hasil dari penghitungan selisih kenaikan harga minyak mentah dunia, yang sebelumnya APBD 2019 berjumlah Rp8,3 triliun menjadi Rp9,4 triliun.

"Saat ini penyelasrasan dengan penganggaran baru yang didapat kemaren, yang bertambah sebanyak Rp1,1 triliun kmaren. Bertambahnya pendapatan dari Rp8,3 menjadi Rp 9,4 triliun," ujar Politisi Hanura Riau itu.

Dia menambahkan, tidak banyak penganggaran yang berubah nantinya setelah dilakukan pembahasan KUA PPAS, karenanya sudah dimatangkan sejak awal jelang penandatanganan MoU, dengan demikian, ia yakin cepat akan tuntas dibahas dan disahkan.