Pemkab Rohul Resmikan Sekolah Di Daerah Pinggiran

id pemkab rohul, resmikan sekolah, di daerah pinggiran

Pasir Pengaraian 1/8 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, meresmikan sejumlah sekolah di daerah pinggiran dengan tujuan untuk mengembangkan potensi setiap desa di daerah tersebut.

Peresmian Sekolah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama oleh Bupati Rohul Ahmad itu dilakukan di Desa Pauh, Kecamatan Bonai Darussalam, Minggu.

Bupati mengatakan, dengan adanya sekolah di daerah pinggiran Rohul, yang dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung secara bertahap, diharapkan Desa Pauh kecamatan Bonai Darussalam dapat berangsur maju dan berkembang di masa yang akan datang.

"Kita harapkan masa yang akan datang, desa Pauh ini yang terkesan daerah terisolir dan tertinggal, dapat berkembang dan tidak kalah majunya dengan desa lain", katanya.

Desa Pauh merupakan salah satu Desa di Kecamatan Bonai Darussalam yang letaknya berada diperbatasan dengan Kabupaten siak, sehingga dibutuhkan perhatian yang lebih serius agar Desa itu merasa nyaman dan aman.

Kata Bupati Rohul, perhatian yang diberikan kepada desa Pauh dikecamatan Bonai Darussalam sama halnya dengan desa-desa lain di Rohul, dengan mempertimbangkan anggaran yang tersedia.

"Perhatian yang kita berikan di Desa Pauh sama dengan desa lain di Rohul, namun kita sesuaikan dengan anggaran yang ada saat ini", ujarnya.

Bupati menjelaskan, untuk tahun 2010 ini anggaran yang diberikan untuk pembangunan bidang pendidikan di kecamatan Bonai Darussalam mencapai Rp6 miliar.

Berkenaan dengan SD dan SMP yang diresmikan itu, Bupati menghimbau kepada masyarakat Desa Pauh dan sekitarnya untuk tidak khawatir terhadap kelangsunagn sekolah itu nantinya, sebab bupati telah menjamin sekolah itu dengan melengkapi tenaga pengajar yang profesional dan telah Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2011 mendatang.

Sementara untuk fasilitas pendukung termasuk listrik dan air bersih Bupati meminta kepada pihak PT Chevron Pasifik Indonesia (CPI) untuk melengkapinya, sebab perusahaan yang berada di Rohul juga diminta perhatiannya terhadap masyarakat.

Salah satu pemuka masyarakat Desa Pauh, Ardison (42) mengatakan, masyarakat Desa Pauh menunggu kehadiran Bupati Rohul untuk meresmikan sekolah itu hampir 6 bulan lamanya.

selain itu ia juga menyampiakan terikasih kepada Bupati Rohul yang telah menjadikan Dusun Pauh menjadi sebuah desa atas pemekeran dari Desa Sontang.

Lanjut dia, Desa pauh juga telah mendapat bantuan beras untuk keluarga miskin (Raskin), sejak tahun 2007 lalu, kemudian telah mendapat bantuan berupa Alokasi Dana Desa (ADD), selanjutnya Desa Pauh juga telah mendapat bantuan berupa gedung SD dan SMP yang diresmikan saat ini.

"Untuk itu atas nama masyarakat Desa Pauh kecamatan Bonai Darussalam meminta kepada Bupati Rohul Ahmad M.Si untuk melanjutkan kepemimpinannya dalam 5 tahun mendatang", kata Ardison.

Kata dia, tanah lokasi bangunan SD dan SMP itu merupakan Hibah masyarakat yakni, dari Datuk Acua dan Herman Jay, masing-masing dua hektar (Ha) untuk SMP dan satu Ha untuk SD.