Optimalkan penerimaan pajak, Pemkab Rohul gandeng Kanwil DJP Riau

id Pajak rohul, djp riau, rokan hulu

Optimalkan penerimaan pajak, Pemkab Rohul gandeng Kanwil DJP Riau

Pertemuan antara Pemkab Rohul dan Perwakilan DJP Riau. (ANTARA/HO-Pemkab Rohul)

Pekanbaru (ANTARA) - Untuk mengoptimalkan penerimaan pajak pusat dan pajak daerah di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), pemerintah setempat akan melakukan perjanjian kerja sama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau guna meningkatkan PAD.

Langkah awal untuk menjalin kerja sama itu, ditandai dengan rapat pertemuan antara Pemkab Rohul dengan DJPRiau yang diwakili Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Kanwil DJP Riau serta Kepala KP2KP Pasir Pengaraian, di Pasir Pengaraian, Jumat (12/3).

Pada kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten RohulAbdul Haris mengatakan penjajakan kerja sama dengan Kanwil DJP Riau ini merupakan salah satu langkah untuk mengoptimalkan penerimaan pajak. "Tentunya Pemkab berupaya mencari terobosan-terobosan yang bisa meningkatkan penerimaan daerah untuk mengoptimalkan potensi pajak," katanya.

“Pajak dan retribusi yang dipungut Pemda Rokan Hulu ini masih perlu dilakukan optimalisasi karenamulai dari data, objek pajak dan juga pemetaan terhadap potensi ini kita masih membutuhkan kerjasama dengan beberapa pihak, salah satunya pihak yang paling urgent adalah dengan Kanwil DJP Riau,” tambahnya.

Kerja sama ini nantinya mulai dari pemutakhiran data, pemetaan potensi, penyuluhan pajak, penagihan sampai dengan adanya sanksi, karena Kanwil DJP Riau ini bisa memberikan sanksi kepada wajib pajak setelah dilakukan upaya penagihan tidak melaksanakan kewajiban "Ini yang kita harapkan betul-betul penerimaan negara dan daerah di Rohul bisa optimal,” kata Sekda.

Selain target sembilan Pajak Daerah, tambah Abdul Haris, penerimaan dan pemungutan pajak juga termasuk PPn dan PPh yang dipungut oleh pemerintah pusat sering dipertanyakan oleh masyarakat terutama dari perusahaan-perusahaan dan korporasi yang sampai hari ini kantornya tidak berada di Rokan Hulu.

“Nantinya kerjasama ini akan ada jawaban yang bisa dijelaskan oleh Kanwil DJP Riau maupun Pemda Rokan Hulu untuk melakukan upaya-upaya untuk memaksimalkan penerimaan pajak di Rokan Hulu, dengan harapan bisa mendongkrak PAD,” harap Sekda.

Baca juga: Talkshow di Kantor DJP Riau, Kakanwil ingatkan pentingnya pajak

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Riau Asprilantomiardiwidodo mengatakan pihaknya mengaku senang dan antuasias Pemkab Rohul dengan langkah cepat untuk kerjasama dengan Kanwil DJP Riau dalam mengoptimalkan Pajak.

“Kami sangat senang dengan antusiasme Pemkab Rokan Hulu, ini terbilang cepat tidak sampai dua minggu kita sudah bisa rapat untuk menjelaskan Visi Misi Kabupaten Rokan Hulu sebagai Pemungut pajak negara dan pajak daerah. Kalau kita satukan kegiatan kita ini dalam bentuk pengawasan bersama ini merupakan suatu kegiatan ekonomi yang bisa meningkatkan PAD,” katanya

“Kita tahu bahwa Pajak Daerah ini yang sifatnya perizinan dan Retribusi, sistemnya baik di mana ada pertukaran data dan sistem kapasitas masing-masing pengawasan bersama terkait dengan penyuluhan dan kunjungan wajib pajak serta bisa himbauan wajib pajak hingga sampai penagihan,” jelas Aspril.

Lanjut Aspril, Kanwil DJP Riau akan berusaha bersama di sektor yang dianggap memiliki potensi menjadi Prioritas penerimaan pajak daerah. Hal itu merupakan interest masing-masing baik dari Pemkab Rohul maupun dari Kanwil DJP Riau.

“Nanti kita lihat seberapa penting dan signifikan transaksinya, kemudian semuanya masuk ke sistem agar kita bisa melakukan pengawasan. Kerjasama ini bukan hanya DJP Riau dan Pemkab Rohul, tetapi sudah dilakukan di seluruh Indonesia,” ujarnya

“Tahun lalu 73 kabupaten/kota, tahun ini kita mulai dari Pemkab Rokan Hulu, untuk Riau, Rohul yang pertama komitmen bahwa program ini tadi kita sudah sepakat dengan Pak Sekda, Terima kasih Pak Sekda dan jajarannya kita sudah sepakat nanti membuat langkah-langkah kerjasama dengan Kanwil DJP Riau,” jelasnya

Ia menambahkan, kerjasama ini nantinya Kanwil DJP Riau memiliki Tim Konsultan, Tim Teknis, Tim drafting PKS dan tim penyuluhan, sehingga nanti di bulan Juni masyarakat tahu bahwa nanti Kanwil DJP Riau akan kerjasama dengan Pemkab Rohul untuk mendukung peningkatan asli daerah dengan adanya optimalisasi pemungutan pajak pusat dan daerah.

Baca juga: Di Masata Pekanbaru Fair 2021, DJP Riau kupas perpajakan di dunia pariwisata

Baca juga: Sri Mulyani: Dugaan suap di DJP adalah bentuk pengkhianatan