Bupati Rohul minta aktifkan PPKM dan kegiatan ibadah saat Ramadhan

id rohul, info rohul, rokan hulu, pemkab rohul, pemkab rokan hulu

Bupati Rohul minta aktifkan PPKM dan kegiatan ibadah saat Ramadhan

Bupati dan para pimpinan Forkopimda Rokan Hulu (Rohul) rakor lintas sektor Satgas pencegahan dan pengendalian COVID-19 sambut bulan suci Ramadhan 1442 H. (ANTARA/HO-Pemkab Rohul)

Pasir Pengaraian (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengikuti rapat koordinasi lintas sektor satgas pencegahan dan pengendalian COVID-19 menyambut bulan suci Ramadhan 1442 H.

"Ke depannya stake holder agar membuat dan mengaktifkan posko pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), serta pelaksanaan kegiatan keagamaan dan ibadah selama Ramadhan dengan menerapkan prokes," kata Bupati Rohul Sukiman, saat membuka rakor lintas sektor satgas COVID-19, yang dihadiri pimpinan Forkopimda, para kepala OPD, dan sejumlah Camat, Selasa (30/3/2021), di Pasir Pengaraian.

Penerapan prokes selama bulan suci di Negeri Seribu Suluk terangnya dalam menekan penyebaran virus corona dan sebagai upaya bersama memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Rohul meskipun kasus sudah relatif menurun.

Diperlukan juga penataan Pasar Ramadhan di masing-masing wilayah kerja Camat dan Kepala Desa sesuai dengan prokes. Untuk kegiatan lainnya seperti Bolimau Kasai yang bersifat menimbulkan kerumunan dan keramaian masyarakat dihimbau agar tidak diselenggarakan.

"Saya juga minta kepada Camat, Lurah, dan Kades untuk dapat melakukan inventarisasi rencana pasar Ramadhan di wilayahnya masing-masing," ujar Sukiman.

Mantan Dandim Inhil itu turut berpesan dalam pelaksanaan shalat tarawih dan witir, masing-masing masjid dan mushalla agar membuat sarana untuk prokes COVID-19, seperti penyiapan tempat cuci tangan dan sabun di halaman masjid, pemakaian masker oleh jamaah, serta memberi tanda jarak shaf jamaah dan membawa sajadah.

Kemudian ceramah agama atau santapan rohani Ramadhan (kultum) agar dipersingkat dengan memasukkan materi ceramah tentang protokol kesehatan dan edukasi vaksinasi, agar masyarakat tidak takut untuk disuntik vaksin sekaligus mendukung program nasional tersebut.

“Untuk itu kita ingin seluruh elemen dan komponen masyarakat memberlakukan dan mengaktifkan PPKM di desa dan kelurahan dengan melibatkan Satpol PP, Babinsa, Bhabinkamtibmas, TP PKK, Posyandu,RT, RW, dan para tokoh-tokoh”, himbau Bupati Rohul Sukiman.

Instruksi kepala daerah pada pelaksanaan kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan tersebut juga tertuang dalam surat edaran Bupati nomor: 850/SETDA-UM/22.05 tentang pelaksanaan bulan suci Ramadhan 1442 H dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19 di daerah Kabupaten Rohul.

(adv-kominfo)