Siswi MAN 2 Model Pekanbaru Raih Satu-Satunya Emas Olimpiade Sains Nasional bagi Riau

id siswi man, 2 model, pekanbaru raih, satu-satunya emas, olimpiade sains, nasional bagi riau

Siswi MAN 2 Model Pekanbaru Raih Satu-Satunya Emas Olimpiade Sains Nasional bagi Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Seorang siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru, Shania Rahmi, menyumbangkan satu medali emas melalui Olimpiade Sains Nasional di Padang pada 1-7 Juli 2018 untuk Provinsi Riau.

"Shania Rahmi cabang ekonomi dengan perolehan medali emas, dan ini merupakan satu-satunya perolehan emas yang diraih oleh Provinsi Riau dalam OSN Tahun 2018 di Padang itu, "kata Kepala MAN 2 Model Pekanbaru, Norerlinda, didampingi Koordinator Lomba Akademik MAN 2, Fetras Humadi, di Pekanbaru, Senin.

Dia menjelaskan pada OSN 2018 di Padang, Sumatera Barat, MAN 2 Model Pekanbaru mengusung 10 siswa untuk mengikuti enam dari sembilan mata perlajaran yang dilombakan, yaitu Ekonomi, Geografi, Astronomi, Kebumian, Biologi, dan Fisika. Tiga orang di antaranya, masing-masing berhasil meraih satu emas, perak, dan perunggu.

Namun, katanya, Shania Rahmi berlomba pada lomba ekonomi dengan perolehan medali emas, merupakan satu-satunya perolehan emas yang diraih oleh Provinsi Riau.

Medali perak diraih M. Rifqi Alkais pada lomba Astronomi dan Silviana Maharani dengan perolehan perunggu pada lomba Ekonomi.

"Alhamdulillah, anak kita pada tingkat Sekolah Menengah Atas satu-satunya peraih emas," ungkapnya.

Siswa MAN 2 Model Pekanbaru berprestasi tersebut selain mendapatkan piala dan hadiah uang tunai, katanya, juga mendapatkan "kartu hijau atau karpet merah" untuk memasuki perguruan tinggi ternama di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Koordinator Lomba Akademik MAN 2 Model Pekanbaru Fetras Humadi mengatakan bahwa sesuai kesepakatan pelaksana OSN nasional untuk peraih emas berpeluang masuk UGM dan UI tanpa seleksi, sedangkan untuk peraih perak dan perunggu masuk UI tanpa tes dan tanpa seleksi," tambah,

Dia mengatakan peraih emas pada OSN 2018 di Padang, Shania Rahmi, akan menjadi utusan Indonesia pada Internasional Economic Olimpiade (IEO) yang diikuti oleh 30 di Rusia pada 12 September 2018.

Shania, siswa Kelas XI/XII MAN 2 Model tersebut bersama dua siswa dari MAN IC Gorontalo dan SMA Jawa Timur akan menjadi utusan Indonesia pada IEO, 12 September mendatang.

"Ini merupakan IEO pertama yang akan diikuti oleh 30 negara negara besar lainnya, salah satunya Indonesia. Dan Indonesia akan mengutus tiga orang siswa, dan di antaranya Shania Rahmi, dan tiga orang siswa tersebut akan mengikuti pelatihan nasional tahap II di Jakarta pada 18 Agustus-11 September 2018. Kami sangat mengharapkan dukungan dan doa semua pihak agar anak- anak kita bisa mengharumkan nama Riau dan Indonesia umumnya di kancah internasional," katanya.

Ia menjelaskan untuk lolos Olimpiade Ekonomi Internasional mereka melewati seleksi yang ketat. Pada pelatnas tahap awal, diikuti 10 siswa dari berbagai provinsi di Indonesia, namun yang dinyatakan lulus hanya tiga orang, termasuk satu orang dari Provinsi Riau.

"Seleksinya sangat ketat dan tahap akhir adalah dengan melihat hasil OSN kemarin, dan pengumuman peserta yang lulus untuk ikut ke IEO disampikan pada penutupan OSN 2018 di Padang," katanya.

Tahapan yang dilewati oleh peserta IEO, antara lain teori, praktikum, "tranding saham", dan beberapa ujian lainnya. ***4*** T.F011