Pengiriman Barang Jelang Lebaran Meningkat Drastis

id pengiriman barang, jelang lebaran, meningkat drastis

Pengiriman Barang Jelang Lebaran Meningkat Drastis

Sumber : Antarafoto

Pekanbaru (Antarariau.com) - Wakil Direktur Jasa Pengiriman TIKI Riau, Dody Jenhar mengklaim jelang lebaran perusahaan jasa pengiriman barang tersebut mengalami lonjakan dalam aktifitas pengiriman paket masyarakat.

"Kalau dibandingkan dengan hari biasa tentu akan terlihat peningkatan yang sangat tinggi," ucapnya di Pekanbaru, Rabu.

Ia menambahkan bahwa peningkatan tersebut bahkan mencapai 35 persen seiring dengan mendekatnya hari lebaran.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa hal tersebut adalah wajar mengingat lonjakan aktifitas pengiriman sudah terjadi sejak bertahun-tahun yang lalu.

Kalau dulu masyarakat hanya fokus pada PT POS serta jasa pegiriman melalui angkutan umum, kini tren tersebut sudah mulai melirik jasa pengiriman lain salah satunya TIKI.

Ia mengemukakan dari sekian banyak pengiriman barang tersebut terdapat dua "item" yang paling banyak dikirim masyarakat, yaitu makanan dan pakaian.

Menurutnya dua barang tersebut mendominasi pengiriman disamping dokumen, spare part kendaraan serta handphone.

Ia menambahkan bahwa tingginya jumlah pengiriman pakaian dan makanan tersebut dinilainya tak lepas dari tren belanja "online" yang kini terus menunjukkan geliat yang positif.

"Ini kan sebagai bentuk tindak lanjut dari berbagai usaha online masyarakat," lanjutnya.

Dody mengatakan peningkatan aktifitas pengiriman barang tersebut bahkan terjadi semenjak pekan kedua bulan Ramadhan.

Kendati tidak menjelaskan secara detail soal jumlah barang yang dikirim setiap harinya, namun ia mengaku bahwa pihak TIKI sampai harus memberlakukan penambahan jam kerja.

Namun hal tersebut hanya berlaku untuk waktu pelaksanaan operasional saja. Dalam hal ini ia menjelaskan bahwa proses pengiriman barang tersebut membutuhkan banyak langkah, seperti pengelompokan barang, pemilihan objek serta berbagai poses lainnya.

Oleh sebab itu, guna memastikan barang tersebut dapat sampai tepat waktu dan tentu saja terjaga kondisinya, maka pihak TIKI Riau memberlakukan aturan tersebut.

Selain itu, TIKI Riau juga membuka pelayanan 24 jam.

Ia menyebutkan hal ini juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam hal pengiriman barang.

Namun demikian, sampai saat ini haal tersebut hanya berlaku untuk dua kantor saja yaitu di Panam dan di Jalan Teuku Umar. Dalam catatan pihaknya, dua kantor tersebut dinilai mengalami lonjakan aktifitas yang sangat signivikan sehingga pemberlakuan operasional 24 jam harus dilakukan.

"Dua lokasi itu selain jumlah penduduknya banyak, namun jasa pengiriman barang juga cukup tinggi," tambahnya.

Oleh Retmon Bensal Putra