Pangdam I Bukit Barisan: 2.300 Personel Amankan Kunjungan Presiden di Riau

id pangdam i, bukit barisan, 2300 personel, amankan kunjungan, presiden di riau

Pangdam I Bukit Barisan: 2.300 Personel Amankan Kunjungan Presiden di Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo menyatakan sebanyak 2.300 personel gabungan TNI-Polri siap mengamankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Provinsi Riau, 8-9 Mei 2018.

"2.300 persnoel kita kerahkan di tempat serta kita siapkan pencadangan di satuan masing-masing apabila dibutuhkan," kata Pangdam usai gelar apel pasukan di halaman kantor Gubernur Riau, Senin.

Didampingi Kapolda Riau, Inspektur Jenderal Pol Nandang, Ibnu mengatakan sinergi TNI dan Polri secara umum siap mengamankan kedatangan Presiden yang rencananya juga turut serta bersama ibu negara Iriana Joko "Jokowi" Widodo.

"Saya selaku Pangkoops dan Kapolda Wakoops, kami saling melengkapi," tuturnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan pihaknya telah menggelar gladi dan simulasi pengamanan di sejumlah titik yang akan dikunjungi oleh Presiden Jokowi. "99 persen kita optimis sudah siap. 1 persen mohon Ridha-Nya," ujarnya singkat.

Pantauan di lokasi, ribuan personel gabungan berbagai satuan TNI dan Kepolisian dengan beberapa diantara mereka bersenjata lengkap hadir dalam apel siaga tersebut. Pangdam dan Kapolda Riau bersama-sama memeriksa kelengkapan personel yang bertugas melakukan pengamanan itu.

Pangdam mengatakan selain personel gabungan yang menyebar di sejumlah titik penting, pihaknya turut mengerahkan beberapa penembak jitu. Menurut dia, pengamanan untuk orang nomor satu di Indonesia selalu satu paket dengan standar tinggi.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Pekanbaru pada Selasa besok (8/5). Selama dua hari, Presiden direncanakan akan menghadiri sejumlah kegiatan termasuk Harlah NU ke-92 serta kegiatan penanaman kembali atau replanting perkebunan sawit masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir.

***2***