Pertamina Dumai Latih Masyarakat Peduli Api Tanggulangi Karlahut

id pertamina dumai, latih masyarakat, peduli api, tanggulangi karlahut

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pertamina RU II Dumai mengklaim terus mendorong dan memberikan pelatihan pemadaman kebakaran lahan dan hutan ke masyarakat peduli api, agar memiliki kemampuan dalam pencegahan dan penanggulangan.

General Manager Pertamina RU II Dumai Otto Gerenteka di Dumai, Jumat, mengatakan perusahaan terus mendukung upaya antisipasi karlahut dengan melatih dan berdayakan masyarakat peduli api menjaga lingkungan dari ancaman kebakaran.

"Pertamina siap mendukung penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, dan kita sejauh ini terus melatih warga peduli api agar mampu melakukan pencegahan dan pengendalian api," kata Otto.

Disebutkan, perusahaan minyak nasional ini juga memprioritaskan upaya pembinaan ke masyarakat peduli api agar sejak dini bisa mencegah terjadi kebakaran lahan dan hutan di lingkungan sendiri.

Pencegahan karlahut, lanjutnya, harus diutamakan dengan cara memanfaatkan lahan jadi pertanian warga, agar tidak mengancam kualitas kesehatan masyarakat dan sangat berdampak buruk untuk lingkungan.

"Komitmen kami dalam program masyarakat peduli api ini sekaligus mengajak peran semua pihak untuk bekerjasama dalam upaya pencegahan karlahut di lingkungan sekitar," sebutnya.

Kejadian karlahut terakhir ini turut menjadi perhatian Pertamina Dumai dengan menurunkan personel pemadaman dan mengerahkan unit damkar untuk membantu upaya penanggulangan api.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Dumai menyatakan bahwa upaya pemadaman karlahut di sejumlah lokasi titik panas bersama tim gabungan berhasil mengendalikan api supaya tidak meluas.

Terdapat tiga titik karlahut ditangani dan jadi fokus tim gabungan, yaitu di kawasan Dumai Motor, Jalan Batu Bintang dan Jalan Nenas di Kecamatan Dumai Timur dan Medang Kampai.

"Petugas terus mengendalikan karlahut dengan pendinginan api agar tidak muncul lagi di lahan sudah terbakar," kata Kepala BPBD Dumai Tengku Ismed pada wartawan, Kamis (23/2).

Diketahui, kemunculan titik api sejak awal Februari 2018 telah ditingkatkan status siaga darurat karlahut oleh Pemerintah Kota Dumai agar ada upaya bersama dalam penanggulangan. ***3***

Pewarta :
Editor: Abdul Razak
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar