MTQ di Marpoyan Damai Sebulan lagi, Pemko Pekanbaru Masih Proses Memilih Lokasi

id mtq di, marpoyan damai, sebulan lagi, pemko pekanbaru, masih proses, memilih lokasi

MTQ di Marpoyan Damai Sebulan lagi, Pemko Pekanbaru Masih Proses Memilih Lokasi

Retmon Bensal Putra

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau mengupayakan percepatan persiapan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-51 yang rencananya akan digelar pada 31 Maret 2018 di Kecamatan Marpoyan Damai.

"Kita masih menunggu laporan dari panitian soal perkembangan persiapannya," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Ayat hal pertama yang harus segera dituntuskan adalah soal penentuan lokasi. Pasalnya ia berpendapat dari penentuan lokasi terseut maka pihak panitia baru bisa menentukan langkah selanjutnya dari persiapan tersebut. Ayat menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan survey lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat pelaksanaan MTQ tersebut. Survey ini meliputi akses jalan, luas area serta beberapa hal yang dirasa patut untuk menjadi pertimbangan dalam galaran MTQ nantinya.

Sejauh ini terdapat dua opsi yang akan menjadi lokasi perhetalan tersebut yaitu SMP Madani yang berada di Jalan Kasah dan Masjid Yayasan Tabrani. Dua lokasi itu diakuinya sebagai pilihan yang pas untuk perhelatan tahunan tersebut. Untuk itu Ayat mendesak agar sejumlah instansi terkait untuk dapat saling berkoordinasi agar berbagai kesiapan dapat segera rampung.

"Kalau lokasi sudah jelas, masalah teknis lain akan gampang ikut," imbuhnya.

Selain itu kondisi bangunan juga tak luput dari perhatiannya. Ayat menilai bahwa kenyamanan dari peserta maupun penonton yang hadir harus juga diperhitungkan. Hal ini bertujuan agar para qori-qoriah yang nantinya akan bertanding dapat memberikan penampilan terbaik mereka dengan kondisi bangunan yang juga mendukung.

Even yang akan digelar dari 31 Maret hingga 5 April tersebut dikatakan Ayat juga bertujuan untuk menyaring bakat-bakat terbaik yang nantinya akan dipersiapkan untuk MTQ Tingkat Provinsi. Pasalnya Ayat mengaku bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru memang menargetkan untuk dapat mempertahankan gelar juara umum dalam kejuaraan tersebut.

Ayat berharap agar gelaran MTQ tingkat Kota Pekanbaru ke-51 tersebut dapat berjalan sukses dan tentu saja melebihi kesuksesan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu ia mendesak pihak panitia untuk segera melaporkan perkembangan persiapan mengingat waktu pelaksanaan tinggal satu bulan lagi.

Ayat memberikan bocoran bahwa dalam gelaran MTQ Kota Pekanbaru nantinya akan terdapat 25 stand pameran yang terdiri atas 12 stand Kecamatan, 12 stand UMKM dan 1 stand Kota Pekanbaru. Selain itu, seperti tahun sebelumnya akan ada pawai ta'aruf untuk memeriahkan perhelatan yang satu ini. ***4***