Petani Kuansing Akan Terima Ratusan Ribu Bibit Sawit Unggulan

id petani kuansing, akan terima, ratusan ribu, bibit sawit unggulan

Petani Kuansing Akan Terima Ratusan Ribu Bibit Sawit Unggulan

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Kelompok tani di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau akan menerima bantuan ratusan ribu bibit kelapa sawit unggul dari pemerintah setempat pada tahun ini, sebagai wujud rasa kepedulian dan janji untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

" Pemerintah akan membantu sebanyak 177.795 bibit kelapa sawit berkualitas," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Kuantan Singingi (Kuansing) Maisir di Teluk Kuantan, Jumat.

Ia mengatakan, kelompok tani yang bakal menerima sudah terdeteksi oleh tim, mereka adalah yang memenuhi persyaratan yang diminta karena untuk mendapatkan bantuan harus melalui proses penseleksian yang ketat agar tepat sasaran.

Pemerintah Kuansing tentunya akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang ada di 15 kecamatan tahun 2018 seperti tahun sebelumnya yakni 2017, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Kuantan Singingi dan program unggulan untuk masa depan warga.

Langkah ini sesuai dengan salah satu program Pemkab Kuansing, yang disesuaikan dengan visi misi Bupati Mursini dan Wakil Bupati Halim, yakni peningkatan ekonomi kerakyatan sebagai realisasi janji semasa pemilihan kepala daerah sebelumnya.

" Masyarakat yang bakal menerima ada sebanyak 55 desa yang tersebar pada 62 kelompok tani," sebutnya.

KepalaSeksi (Kasi) Perbenihan Dinas Pertanian, Dahlan Lubis menambahkan, adapun rincian penerima bantuan adalah untuk Kecamatan Cerenti sebanyak 85 hektar, Inuman 85 hektar, Kuantan Hilir 71 hektar, Kuantan Hilir Seberang 65 hektar, Logas Tanah Darat 80 hektar, Pangean 84 hektar, Benai 85 hektar dan Sentajo Raya 90 hektar.

" Kecamatan Singingi 89 hektar, Singingi Hilir 88 hektar, Kuantan Tengah 165 hektar, Gunung Toar 85 hektar, Kuantan Mudik 85 hektar, Pucuk Rantau 75 hektar dan Hulu Kuantan sebanyak 85 hektar," terangnya.

Selain itu, bibit Sawit tersebut, akan diserahkan kepada masyarakat yang diperkirakan pada bulan Juni 2018 mendatang, dimana harapan Bupati Mursini bahwa dengan bantuan itu lima tahun mendatang semua petani Kuansing akan panen buah sawit yang berkualitas tinggi.

"Program ini sangat cocok untuk membantu ekonomi petani kedepannya," tegas Dahlan. ***3***