Petani Kuansing bakal terima mesin pompa air gratis, ini syaratnya

id Petani kuansing bakal terima mesin pompa air gratis

Petani Kuansing bakal terima mesin pompa air gratis, ini syaratnya

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Yunafrizal. (ANTARA/dok)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Sejumlah petani di Kuantan Singingi, Riau bakal menerima bantuan mesin pompa air dengan Bahan Bakar Gas (BBG) secara gratis, sebagai bentuk perhatian pemerintah pusat yang pendistribusiannya melalui Dirjen Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jakarta tahun 2021.

Kepala Dinas Pertanian Kuansing Emmerson melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Yunafrizal mengatakan, program pemerintah tersebut adalah konversi dari BBM ke BBG, Rabu (16/6).

"Namun, semua ada proses dan persyaratan yang harus dilengkapi petani," katanya.

Persyaratannya adalah petani harus memiliki mesin dengan Bahan Bakar Minyak (BBM), kapasitas mesin 6,5 hp, namun bukan diperoleh dari bantuan pemerintah dan memiliki lahan minimal seluas 0,5 hektare

Petani akan didata, disurvei, paling lambat 21 Juni 2021, permohonan pemintaan bantuan mesin pompa sudah masuk ke DirjenESDM.

Tentunya, persyaratan itu diketahui setelah berdiskusi langsung dengan utusan dari DirjenESDM Jakarta yaitu Bina Artanto dan Kareba S yang datang ke Kuansing, langsung ke kantor Dinas Pertanian (Distan) pada Rabu (16/6) pagi.

"Oleh karena itu, peluang ini harus dimanfaatkan sebaik - baiknya, tujuannya adalah membantu ekonomi petani," sebut Yunafrizal.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar