Petani Kuansing akan terima bibit sawit unggul

id Petani akan terima bibit sawit unggul,Petani sawit kuansing, sawit kuansing

Petani Kuansing akan terima bibit sawit unggul

Kadis Pertanian Kuansing Emerson. (ANTARA/dok)

Kuantan Singingi (ANTARA) - Sejumlah petani di Kuantan Singingi bakal menerima bibit sawit unggul dengan total yang disediakan oleh pemerintah sebanyak 17.030 batang untuk 12 kelompok pada tahun ini.

"Sekarang pengadaannya dalam proses lelang, mohon dukungannya," kata Kepala Dinas Pertanian Emerson di Teluk Kuantan, Selasa.

Emerson mengatakan, jumlah tersebut untuk masyarakat di tujuh kecamatan se - Kuansing. Hal ini sudah melalui kesepakatan, dan hasil survei tim sesuai dengan persyaratan dan kreteria yang ada.

Adapun kecamatan yang menerima adalah Kuantan Mudik, Gunung Toar, Singingi, Sentajo Raya, Inuman dan Hulu Kuantan, serta Kuantan Tengah, dengan luas rata - rata 10 hektare di setiap desa untuk 12 kelompok tersebut.

"Berharap seperti tahun sebelumnya, proses dan kegiatan berjalan lancar," ujarnya.

Sedangkan untuk tahun 2021, Dinas Pertanian (Distan) mengusulkan program yang sama dengan jumlah 14.050 batang, lebih rendah dari tahun 2020 karena situasi anggaran.

Selain itu, Distan juga melaksanakan kegiatan replanting sawit sebanyak 4.149 hektare, dari usulan 6.000 hektare untuk perkebunan sawit yang berumur di atas 25 tahun.

"Semua itu dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, petani" tutupnya.