40.000 Batang Bibit Sawit Untuk Petani Kuansing

id 40000 batang, bibit sawit, untuk petani kuansing

40.000 Batang Bibit Sawit Untuk Petani Kuansing

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau segera menyalurkan 40.000 batang bibit sawit bermutu tinggi untuk petani di sejumlah daerah setempat.

"Bibit sawit berkualitas itu diberikan untuk membantu ekonomi warga," kata Kepala Dinas Perkebunan Kuantan Singingi (Kuansing) Wariman DW MSi di Teluk Kuantan, Jumat.

Wariman mengatakan, ribuan petani sawit di Kuansing membutuhkan bibit unggul, karena selama ini kemampuan warga hanya mendapatkan bibit yang dibawah standar sehingga hasil produksi nya menurun, kebutuhan petani itu direspon oleh pemerintah daerah karena akan mendukung kesejahteraan masyarakat kedepannya.

Pihak Disbun telah melakukan pembibitan sawit di atas lahan seluas empat hektare di Desa Sako, Kecamatan Pangean, saat ini sudah siap tanam, karena itu perlu segera dibagikan kepada petani khususnya yang telah mengajukan permohonan melalui kelompok.

" Benihnya didapat dari Balai Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan, Sumatera Utara," sebutnya.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perkebunan Kuansing Tatiana Misdalova menambahkan, jenis bibit sawit tersebut dari varietas yanambi, karena memiliki kelebihan jenis unggul dan memiliki potensi produksi di atas 30 ton per hektar.

" Kami yakin hal ini akan berhasil untuk meningkatkan produksi sawit di daerah," ujarnya.

Pembibitan sawit telah dilakukan sejak tahun 2015, direncanakan akan di distribusikan kepada petani pada awal tahun 2016 mendatang.

Namun petani yang mendapatkan bibit itu harus melengkapi persyaratan yang telah ditentukan, nantinya ada SK Bupati bagi mereka yang menerima bantuan tersebut.

" Petani jangan ragu akan kualitas bibit yang disediakan pemerintah," ucapnya.