Sambut Hari Tanam Pohon, Pemprov DKI tanam 2.000 bibit di Duren Sawit

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, bibit pohon

Sambut Hari Tanam Pohon, Pemprov DKI tanam 2.000 bibit di Duren Sawit

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi Wali Kota Jaktim M Anwar saat menanam pohon secara simbolis di Taman Interaksi Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (27/11/2023). Penanaman itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Tanam Pohon 2023 pada 28 November. (ANTARA/HO-PPID DKI Jakarta.)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menanam 2.000 pohon di Taman Interaksi Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin, dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon tahun 2023.

Penanaman pohon secara simbolis itu dilakukan oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Heru mengatakan, penanaman ini tidak jauh berbeda dengan yang telah rutin dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Dia mengatakan, momentum Hari Menanam Pohon Indonesia pada Selasa (28/11) dapat menjadi tonggak pencapaian (milestone) dalam menargetkan Jakarta sebagai kawasan rendah emisi.

"Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendukung upaya penghijauan kawasan serta tercapainya 'net zero emission' pada tahun 2060 di Jakarta. Karena itu, pada pagi ini, kita menanam pohon buah-buahan, di antaranya pohon jamblang, nangka, durian dan sirsak," ujarnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, penanaman 2.000 pohon ini juga sebagai bentuk upaya memperkuat ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar.

Pihaknya sengaja memilih tanaman buah-buahan karena bisa dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat, di samping itu juga untuk mempercantik penataan kawasan.

"Apalagi, saat ini sudah masuk musim hujan sehingga cocok dijadikan musim bercocok tanam, terutama pohon buah," kata Suharini.

Suharini juga menyampaikan bahwa salah satu arahan Heru kepada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov DKI adalah mengupayakan gerakan penanaman pohon di Jakarta.

"Arahan ini kita sesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang ada di Dinas KPKP, dengan menggaungkan Gerakan Jakarta Menanam untuk ketahanan pangan," katanya.

Pihaknya ingin semua elemen masyarakat terlibat sehingga menjadi tanggung jawab bersama dalam menghijaukan Jakarta serta menjaga ketahanan pangan tersebut.

Pada penanaman tersebut, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara, Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati serta Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar.

Baca juga: Polda Sultra & insan pers tanam 1.000 bibit pohon mangrove di Teluk Kendari

Baca juga: Polda Jateng tanam bibit pohon hijaukan tepian Waduk Jatibarang Semarang