Gubernur Riau Hibahkan Mobil untuk Pratek Otomotif 4 SMK ini

id gubernur riau, hibahkan mobil, untuk pratek, otomotif 4, smk ini

Gubernur Riau Hibahkan Mobil untuk Pratek Otomotif 4 SMK ini

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau Asrsyadjuliandi Rachman menyerahkan hibah mobil sebagai alat praktik bagi siswa jurusan otomotif kepada empat sekolah menengah kejuruan, di Kota Pekanbaru, Senin.

Bantuan tersebut diterima oleh SMKN 1 Bangkinang, SMKN 7 Pekanbaru, SMKN 1 Minas, dan SMKN 3 Mandau. Hibah yang diberikan adalah mobil bekas aset Pemprov Riau yang sudah tidak terpakai.

Bantuan ini diberikan sebagai respon dari kunjungan Gubernur Riau ke beberapa SMKN beberapa waktu yang lalu. Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini mengatakan kunjungan ke SMKN dilakukan untuk mengetahui kendala apa saja yang bisa direspon oleh Pemprov Riau secara cepat.

"Salah satunya yang saya lihat adalah minimnya alat praktik yang ada khususnya jurusan di otomotif. Untuk itu saya intruksikan Kepala dinas terkait untuk memfasilitasi kebutuhan praktik anak-anak kita ini," kata Andi Rachman.

Hibah mobil dinas yang sudah tidak terpakai tidak memerlukan waktu lama dalam prosesnya, dan lebih berguna untuk dihibahkan kepada SMK daripada menjadi besi tua. Sedangkan, kalau bantuan dalam bentuk barang baru perlu proses yang panjang seperti melalui proses lelang dan sebagainya.

Bahkan, Pemprov Riau juga berencana menghibahkan alat berat yang tak terpakai lagi dari Dinas Pekerjaan Umum kepada SMK. "Minimal, bisa jadi pengenalan bagian-bagian dari alat berat itu," katanya.

"Secara perlahan nanti peralatan elektronikl aset Pemprov Riau seperti AC dan televisi juga akan dihibahkan sebagai peralatan praktik SMK," lanjut Andi Rachman.

Ia menambahkan, Pemprov Riau akan merevitalisasi dan harmonisasi program keahlian yang ada di SMK seperti berupaya memfasilitasi fasilitas ruang, alat praktik, dan sebagainya.

"Saya memberikan prioritas khusus pada program keahlian yang dirasa sangat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kita memacu pengembangan SMK agar para pelajar dapat belajar di sekolah-sekolah dengan layanan berkualitas, dan akhirnya membuat siswa terampil dan siap terjun di masyarakat berkontribusi mengisi pembangunan di Provinsi Riau," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Minas, Agustina Susilawati, mengaku tidak menyangka Gubernur Riau sangat cepat merespon kebutuhan sekolahnya.

"Baru satu minggu yang lalu Pak Gubernur datang ke sekolah kami. Kami minta alat praktik mobil. Alhamdulillah Pak Gubernur merealisasikannya, jadi ucapan terima kasih kami atas bantuan ini," ujar Agustina.