Sekda Ungkap Hanya Sebagian CCTV Istana Siak Yang Berfungsi

id sekda ungkap, hanya sebagian, cctv istana, siak yang berfungsi

Sekda Ungkap Hanya Sebagian CCTV Istana Siak Yang Berfungsi

Siak (Antarariau.com) - Ternyata hanya sebagian saja kamera pengintai atau "Closed Circuit Television" (CCTV) di Sstana Siak, Kabupaten Siak, Riau yang berfungsi.

Kondisi tersebut terkuat setelah peninggalan bersejarah itu mengalami kerusakan akibat orang tak dikenal berusaha membakar diorama di dalam Istana Siak, Senin.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten siak, Tengku Said Hamzah usai meninjau terbakarnya patung diorama dan gorden Istana Siak membenarkan bahwasanya tidak semua kamera pengintai yang ada di istana Siak berfungsi.

Baca juga:Istana Siak Dibakar, Bupati: Saya Sangat Mengutuk Tindakan Biadab Ini

"CCTV ada yang aktif ada juga yang tidak. Itu polisi masih mengecek lewat CCTV," kata Said Hamzah kepada media di istana Siak.

Saat ditanyakan apakah ada kamera pengintai di ruangan tempat patung diorama tersebut, ia tidak bisa memastikannya.

"CCTV di tempat kejadian perkara patung dan gorden terbakar masih terus diselidiki. Itu masih sedang dicek pihak kepolisian. Semoga ada yang terekam, sehingga bisa tau dari awal pelaku masuk," katanya.

Baca juga: Gubri Kecam Pembakaran Istana Siak

Dia mengaku saat kejadian tersebut ada pengawal atau petugas yang bertugas duduk di dekat pintu masuk Istana Siak yang bertugas untuk administrasi pengunjung.

Sementara itu Kapolres Siak AKBP Barliansyah SIK saat dikonfirmasi Antara menyebutkan, pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut.

"Dugaan sementara ada upaya pembakaran terhadap patung diorama istana Siak," kata Kapolres dengan singkat.

Dia menyebutkan anggotanya masih berada di lokasi untuk menindaklanjutinya.

Patung diorama terletak di ruang depan atau ruang pertama jika dari ruang penjaga atau pengawas bertugas sebagai administrasi pengunjung. Namun dari pintu masuk berada di ruang tengah.