700 Personel Polresta Pekanbaru Disiagakan Dalam Operasi Lilin 2017

id 700 personel, polresta pekanbaru, disiagakan dalam, operasi lilin 2017

700 Personel Polresta Pekanbaru Disiagakan Dalam Operasi Lilin 2017

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru menyiagakan 700 personel gabungan dalam operasi lilin pengamanan hari natal dan tahun baru 2018 di wilayah setempat.

"Pelaksanaan ops lilin 2017 ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman dan nyaman," kata Wakil Kepala Polresta Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi usai gelar pasukan di Pekanbaru, Jumat.

Operasi lilin, lanjutnya akan dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal Jumat (22/12) ini sampai 1 Januari 2018. 700 anggota ini juga terdiri dari Brimob dan Shabara Kepolisian Dqerah Riau, POM TNI, Pangkalan Udara, TNI, dinas pehubungan, kesehatan, pemadam kebakaran, dan satuan polisi pamong praja Pekanbaru.

Setelah apel pergeseran pasukan kemudian bergerak menuju pos pengamanan masing-masing. Diantaranya pos pengamanan, pelayanan, pelayanan masyarakat di Mall dan pengaman gereja.

Untuk pengamanan hari natal, ada empat gereja di wilayah Kota Pekanbaru yang dijaga Polresta Pekanbaru dan kepolisian jajaran. Empat gereja yang mendapatkan prioritas pengamanan yaitu HKBP Jalan KH Ahmad Dahlan, HKBP Jln Hang Tuah, Gereja Khatolik Jln A. Yani, dan Gereja Bethani Jln Tuan Tambusai Pekanbaru.

"Jumlah personil yang disiagakan pada setiap gereja sangat berbeda berbeda dan tergantung dari tingkat kerawanan masing-masing," ujar wakapolres.

Dia mengatakan, pelaksanaan operasi lilin mengedepankan tindakan pre-emtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen. Selain tentu juga penegakan hukum secara tegas dan profesional, agar masyarakat dapat merasakan dampak nyata dari pelayanan yang diberikan.

Ditambahkannya bahwa sejumlah relawan dari berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas) yang turut membantu pengamanan. Seluruh personel pengamanan ditekankan agar bekerja dengan sungguh-sungguh.

"Pasukan harus saling bekerjasama dan dapat menciptakan situasi dan kondisi pada tempat tugas dilaksanakan sehingga terciptanya situasi Kota Pekanbaru yang kondusif," tambah Edy.