Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiwwa UR Gali Inspirasi Dari Pelindo I-AirNav

id peringati sumpah, pemuda mahasiwwa, ur gali, inspirasi dari, pelindo i-airnav

Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiwwa UR Gali Inspirasi Dari Pelindo I-AirNav

Pekanbaru (Antarariau.com) - Ratusan Mahasiswa Universitas Riau mengikuti kuliah umum dan diskusi ilmiah bersama PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) dan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI/AirNav Indonesia) dalam program BUMN hadir di Kampus bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana di Pekanbaru, Sabtu, memaparkan seputar potensi pencapaian dan peluang yang terdapat di perusahaan-perusahaan BUMN yang dimiliki oleh Indonesia.

Sebanyak 141 BUMN Indonesia membutuhkan tenaga ahli dan profesional sesuai dengan bisnis utama masing-masing untuk menunjang daya saing di tingkat global.

"Peran generasi muda bagi Indonesia akan semakin krusial dalam proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Saat ini, Indonesia memiliki 40,8 persen angkatan kerja produktif dan diprediksi akan mencapai puncak keemasannya pada tahun 2030 mendatang. Pelindo I membutuhkan generasi emas ini sebagai motor utama peningkatan layanan kami agar dapat memenangkan persaingan di level internasional," ungkap Bambang.

Dikatakannya, konektivitas laut yang merupakan tujuan utama program tol laut yang menjadi prioritas Pemerintahan Presiden Joko Widodo akan menjadi kunci bagi Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Sebagai negara maritim, konektivitas laut akan menjadi sentral bagi pertumbuhan ekonomi berkeadilan yang ingin dicapai oleh Indonesia. Maka kami pun membutuhkan peran serta dan dedikasi dari generasi muda terbaik bangsa ini untuk dapat mewujudkan hal tersebut," ujarnya.

Sementara, Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto menambahkan BUMN Indonesia terus tumbuh pesat seiring dengan visi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Pada tahun 2016, pendapatan 141 perusahaan BUMN mencapai Rp1.802 triliun, di tahun berjalan 2017 ini telah meningkat menjadi Rp2.116 triliun," ujarnya.

AirNav Indonesia, lanjut dia, menjadi penyedia layanan navigasi penerbangan di Indonesia juga menyumbang pendapatan yang terus meningkat yakni sebesar Rp2,35 triliun pada 2015 menjadi Rp2,52 triliun pada 2016.

AirNav Indonesia yang baru genap berusia lima tahun pada 13 September lalu, menganut prinsip cost recovery sehingga pendapatan perusahaan dimaksimalkan untuk in-vestasi dalam rangka meningkatkan layanan navigasi penerbangan.

"Pendapatan yang terus meningkat tersebut kami investasikan untuk modernisasi peralatan navigasi penerbangan dengan teknologi paling mutakhir serta meningkatkan kompetensi sum-ber daya manusia yang tersebar di 282 Cabang seluruh Nusantara. Hal ini tentunya dalam rangka meningkatkan kualitas layanan navigasi penerbangan agar lebih selamat, aman dan efisien," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Novie juga menjabarkan mengenai peluang bagi generasi muda terbaik Indonesia untuk dapat mengabdi dan berkarya di BUMN yang sesuai dengan kompetensi dan keahlian yang dimiliki.

"Kami mengajak pada generasi muda terbaik bangsa untuk dapat bergabung dengan kami dalam merangkai konektivitas di ruang udara Indonesia. Ke depan, AirNav Indonesia akan semakin membutuhkan talenta-talenta muda potensial dan berkualitas dalam upaya untuk mewujudkan visi kami yakni menjadi penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan terbaik di Asia Tenggara," paparnya.

Sementara, Rektor Universitas Riau Prof. Dr. Ir Aras Mulyadi, DEA mengatakan kehadiran BUMN Pelindo I dan AirNav menambah dinamika dalam mengembangkan sayap untuk menghasilkan inovasi teknologi sesuai dengan yang diamanatkan Presiden Joko Widodo.

Untuk diketahui, kegiatan BUMN Hadir di Kampus diselenggarakan serempak di 28 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan menghadirkan segenap pimpinan struktural Kementerian BUMN dan para Direktur perusahaan BUMN sebagai pembicara.

Kegiatan ini diharapkan dapat membakar semangat generasi muda Indonesia dalam menggali dan mengembangkan potensi dan keahlian yang dimiliki sehingga dapat menghasilkan karya terbaik yang berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia.