Kodim Dumai Rencanakan Gelar "Nobar" Film G30S/PKI

id kodim dumai, rencanakan gelar, nobar film g30spki

Kodim Dumai Rencanakan Gelar "Nobar" Film G30S/PKI

Dumai, Riau (Antarariau.com) - TNI Angkatan Darat Komando Distrik Milier 0320 Dumai berencana memutar film penumpasan G30S/PKI dengan menggelar nonton bareng atau "nobar", namun kini masih tahap koordinasi bersama pemerintah daerah.

Komandan Kodim 0320 Dumai Letkol (Kav) Rendra Siagian di Dumai, Senin, mengatakan rencana pemutaran dan nonton bareng film diproduksi tahun 1984 tersebut sesuai perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Ada rencana, dan nanti akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah," kata Dandim Rendra kepada wartawan, Senin.

Disebutkan, penayangan film G30S/PKI disutradai Arifin C Noer ini belum dapat dipastikan waktunya, namun lokasi diusulkan dua tempat, yaitu gedung daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung dan halaman kantor bersama Pemkot Dumai di Jalan HR Subrantas.

Film pada zaman orde baru kerap ditayangkan setiap 30 September atau bertepatan momen Hari Kesaktian Pancasila ini segera akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat.

"Jadwalnya belum bisa dibeberkan karena masih dikoordinasikan dengan pemerintah," sebutnya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Blitar menegaskan acara nonton bareng film kontroversial itu memang perintahnya.

"Iya itu memang perintah saya, mau apa? Yang bisa melarang saya hanya pemerintah," kata Jenderal Gatot di Makam Bung Karno (MBK), Bendogerit, Blitar, Senin (18/9).

Gatot menyatakan, Mendagri sudah mengizinkan dia memerintahkan seluruh anggotanya menonton film tersebut, dan upaya meluruskan sejarah.

Rencana TNI menggelar acara nonton bareng film G30S/PKI memang menjadi polemik. Ada yang menilai film itu tak pantas ditonton lagi. Namun ada juga yang mendukung rencana TNI sebagai upaya mengingatkan sejarah kelam bangsa ini.