Kodim 0320 Dumai Rencanakan Menggelar Diskusi Bersama Para Tokoh Agama

id kodim 0320, dumai rencanakan, menggelar diskusi, bersama para, tokoh agama

Kodim 0320 Dumai Rencanakan Menggelar Diskusi Bersama Para Tokoh Agama

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Komando Distrik Militer 0320 Dumai berencana mengadakan seminar dan diskusi bertema Bhineka Tunggal Ika dengan mengundang tokoh agama dan masyarakat dalam kegiatan Nusantara Bersatu, pada Rabu (30/11).

"Kegiatan nusantara bersatu kita akan membuat seminar antar umat beragama bertema kebhinekaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat," kata Komandan Kodim 0320 Dumai Letkol (Kav) Rendra Andrian Siagian, Selasa.

Dalam seminar ini, Kodim akan menghadirkan seluruh pemuka agama dan tokoh masyarakat dari berbagai suku bangsa di Dumai untuk berdiskusi dan menerima saran masukan terkait upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Dikatakan, seminar nusantara bersatu dengan pemberi materi dari TNI Polri ini bertujuan untuk mengajak seluruh pemuka agama dan tokoh masyarakat membantu mewujudkan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Dia berharap agar masyarakat Dumai dari berbagai lapisan, suku dan ras agama saling menjaga toleransi dan semakin memperkuat rasa persatuan dibawah kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Jangan sampai persatuan di Dumai terpecah karena isu tidak jelas, karena itu kita akan mengajak diskusi seluruh tokoh agama dan masyarakat agar persoalan bangsa dan daerah dapat selesai dengan baik," ungkapnya.

Sementara, Wali Kota Dumai Zulkifli As juga mengajak pemuka lintas agama dan tokoh masyarakat setempat agar bersama menjaga situasi aman dan kondusif dengan memberi pesan yang menyejukkan.

Untuk menyamakan persepsi bersama menjaga persatuan kesatuan bangsa dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika dan Dumai dihuni beragam suku dan agama yang hidup rukun dan damai, maka digelar silaturahmi lintas sektoral agama, masyarakat dan TNI Polri.

"Silaturahmi ini hendaknya dapat menguatkan rasa persatuan dan kesatuan serta kebersamaan dengan rasa toleransi tinggi antarsuku dan agama di tengah masyarakat," kata wali kota.

Diketahui, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menggagas aksi Nusantara Bersatu di seluruh wilayah Indonesia pada 30 November mendatang dengan mengajak seluruh elemen masyarakat berkumpul di tempat terbuka dengan mengenakan ikat kepala merah putih.

"Tema-nya Indonesia milikku, Indonesia milik kita bersama, itulah Bhineka Tunggal Ika. Kita tunjukkan bersama-sama, di situ kita berbicara," kata Gatot.