Pemkab Meranti Serahkan Bantuan 14 Kapal Untuk Nelayan Setempat

id pemkab meranti, serahkan bantuan, 14 kapal, untuk nelayan setempat

Pemkab Meranti Serahkan Bantuan 14 Kapal Untuk Nelayan Setempat

Selatpanjang (Antarariau.com) - Bupati Kepulauan Meranti Irwan menyerahkan bantuan 14 kapal dan Alat Tangkap Jaring serta Kartu Nelayan kepada nelayan setempat.

"14 unit kapal ini akan diserahkan kepada masyarakat nelayan yang tersebar disemua Kecamatan Meranti," kata Irwan di Selatpanjang, Rabu.

Menurut dia bantuan ini diberikan sebagai stimulus bagi nelayan agar dapat bekerja lebih baik dan mampu mengatur keuangannya sebaik mungkin dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan.

Menurut Irwan Dinas Perikanan Meranti telah mengupayakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp700 juta untuk pengadaan 14 Unit Kapal Nelayan bermesin 1 GT.

Ia mengaku pemerintah daerah tiap tahun terus menggelontorkan berbagai bantuan kepada masyarakat nelayan, namun sayangnya tak diiringi dengan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan Nelayan.

"Meski bantuan terus kita berikan tapi kenyataannya kesejahteraan nelayan belum menunjukan hasil yang menggembirakan, saya harap bantuan ini dapat menjadi stimulus," tambahnya.

Bupati juga mengingatkan, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan jangan sampai dijual.

"Saya minta bantuan ini jangan dijual gunakanlah untuk mendukung kesejahteraan keluarga," tambahnya.

Bupati berharap, dengan bantuan itu dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan secara signifikan selain untuk memenuhi kebutuhan di Meranti juga dapat diekspor ke Batam dan Johor Baru Malaysia.

"Dari informasi yang saya peroleh permintaan ikan dan udang di Batam dan Johor Baru sangat tinggi, dalam tiga hari mereka bisa membeli udang seberat 300 kilogram dan siap menampung berapapun hasil tangkapan nelayan, saya harap tahun depan jumlah produksi ikan dapat meningkat," jelas Bupati.

Ia menambahkan berbagai bantuan sudah diberikan sejak 2010 lalu misalkan keramba jaring apung yang mencapai 73 unit.