Disbun Inhil Gunakan Beragam Cara Selamatkan Perkebunan Kelapa

id disbun inhil, gunakan beragam, cara selamatkan, perkebunan kelapa

Disbun Inhil Gunakan Beragam Cara Selamatkan Perkebunan Kelapa

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Indragiri Hilir menggunakan beragam upaya untuk menyelamatkan perkebunan kelapa masyarakat yang ada di daerah itu dari kerusakan.

"Upaya yang dilakukan diantaranya ialah Pembangunan tanggul, yang tergabung dalam program trio tata air," kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Inhil tantawi Jauhari di Tembilahan, Selasa.

Selain itu, peremajaan kelapa serta penggunaan alat berat di daerah perkebunan yang sangat kritis juga telah dilakukan.

"Pembangunan tanggul tersebut sebagai upaya pemerintah menanggulangi terjadinya abrasi sehingga mengakibatkan rusaknya perkebunan kelapa.

Kerusakan ini pula kata dia, berdampak besar terhadap hasil produksi kelapa. dalam hal ini perekonomian masyarakat yang bergantung disektor perkebunan kelapa juga akan menurun.

"Karena mayoritas masyarakat Kabupaten Inhil 70 hingga 80 Persen merupakan petani kelapa," Terangnya.

Selain pembuatan trio tata air, yang meliputi tanggul manual, tanggul mekanik dan pintu klep, tidak sedikit juga upaya lain yang sudah dilakukan pemerintah melalui Disbun Inhil untuk menanggulangi berbagai persoalan perkebunan rakyat, seperti pengadaan alat berat serta berbagai alat pengendalian hama. (Adv)