Disbun: Inhil Butuh Pembangunan 1000 Km tanggul Setiap Tahun

id disbun inhil, butuh pembangunan, 1000 km, tanggul setiap tahun

Disbun: Inhil Butuh Pembangunan 1000 Km tanggul Setiap Tahun

Tembilahan, (Antarariau.com) - Melihat luasnya perkebunan kelapa rakyat yang kritis di Indragiri Hilir ini setiap tahunnya diperlukan pembangunan tanggul sepanjang 1000 Km, namun karena anggaran APBD Kabupaten Indragiri Hilir sangat terbatas, pembangunan tanggul sesuai Rencana Strategis atau Renstra saat ini belum dapat dilakukan.

"Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir memerlukan bantuan baik dari Pemerintah Provinsi Riau maupun pemerintah Pusat," kata Kepala Bidang Sarana/Prasarana Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Ngadiyo di Tembilahan, Rabu.

Ia mengungkapkan, saat ini kerusakan lahan perkebunan kelapa milik rakyat sudah sangat mengkhawatirkan karena telah mencapai hingga 100 ribu hektare.

"Hampir 100 ribu hektare dari sekitar 431 ribu hektare lahan perkebunan kelapa masyarakat Indragiri Hilir berada dalam kondisi kritis," ujarnya.

Untuk mengatasi hal itu, sebutnya, maka diperlukan pembangunan trio tata air berupa tanggul mekanik, tanggul manual dan pintu klep.

"Pembangunan tanggul manual ini akan diprioritaskan di daerah perkebunan kelapa masyarakat yang tingkat kerusakannya parah," ujarnya. (ADV)