Disbun: Pembangunan 35 Km Tanggul Mampu Selamatkan 875 Hektar

id disbun pembangunan, 35 km, tanggul mampu, selamatkan 875 hektar

Disbun: Pembangunan 35 Km Tanggul Mampu Selamatkan 875 Hektar

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir memaparkan bahwa pembangunan tanggul mekanik sepanjang 35 Kilo Meter (Km) mampu menyelamatkan kebun kelapa rakyat seluas 875 hektar.

"Perinciannya, setiap pembangunan tanggul mekanik sepanjang satu kilometer (Km) maka diperkirakan dapat menyelamatkan perkebunan kelapa rakyat seluas 25 hektare," kata Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Tantawi Jauhari di Tembilahan, Kamis.

Ia menyampaikan pada 2016 ini tanggul akan dibangun sepanjang 233,5 Km diseluruh daerah Inhil yang perkebunannya rusak parah.

"Tanggul ini akan dibangun melalui dana APBD Kabupaten Indragiri Hilir," ucapnya.

Ia mengatakan pembangunan tanggul ini sudah sangat lama dinantikan oleh masyarakat setempat, karena kebun kelapa merupakan sumber mata pencaharian utama di wilayah Pesisir Riau ini.

"Dengan dibangunnya tanggul ini, selain dapat memperbaiki kondisi kerusakan lahan juga diharapkan dapat meningkatkan tingkat produksi kebun kelapa dari yang selama ini sekitar 1,2 ton/hektar/tahun menjadi setidaknya 1,5 ton/ perhektar/tahun," katanya. (ADV)