Disbun Inhil Kembali Selesaikan Pembangunan Empat Paket Tanggul

id disbun inhil, kembali selesaikan, pembangunan empat, paket tanggul

Disbun Inhil Kembali Selesaikan Pembangunan Empat Paket Tanggul

Tembilahan (Antarariau.com) - Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau mengatakan, empat paket pembangunan tanggul manual dan tanggul mekanik yang tersebar di empat Kecamatan telah selesai.

"Dari jumlah sepuluh paket pekerjaan proyek tanggul yang dikerjakan, empat diantaranya telah selesai. Sedangkan enam paket lainnya masih dalam tahap penyelesaian," Kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Perkebunan Dinas Perkebunan Ngadiyo di Tembilahan, Senin.

Pembangunan tanggul di empat lokasi yang telah selesai diantaranya Desa rantau Panjang Kecamatan Enok, Kelurahan Teluk Kiambang Kecamatan Tempuling, Desa Sungai Terap Kecamatan Reteh dan Kelurahan Tempuling Kecamatan Tempuling.

Ia mengatakan, dari keseluruhan pembangunan tanggul yang belum selesai, ditargetkan dapat selesai pada 10 Desember mendatang.

Sedangkan pekerjaan tanggul yang telah selesai, telah pula dilakukan klarifikasi terhadap realisasi fisik pekerjaanya di lapangan.

Pembangunan tanggul ini, kata dia, diupayakan pemerintah daerah melalui Dinas Perkebunan Kabupaten Inhil untuk mencegah terjadinya peningkatan kerusakan areal perkebunan yang mengancam keselamatan perkebunan kelapa masyarakat Inhil.

Ia menjelaskan, kerusakan lahan perkebunan kelapa ini disebabkan oleh intrusi air laut yang berpengaruh terhadap hasil produksi kelapa.

"Akibat dari penyusupan air ini, batang kelapa rusak dan produksi kelapa yang dihasilkan pun tidak maksimal," ucapnya.

Untuk itulah Dinas perkebunan terus berupaya mencegah meluasnya kerusakan lahan perkebunan dengan pembangunan tanggul untuk tetap mempertahankan produktifitas tanaman kelapa yang sangat berpengaruh pada pendapatan masyarakat.

Ia juga berharap kepada masyarakat agar melakukan penanaman disekitar lahan perkebunan, hal ini sebagai pencegahan bebasnya air pasang masuk kedaratan. (ADV)

Oleh: Adriah Akil