Kemenag Rohil Gelar Kompetisi Sains Antar Madrasah

id kemenag rohil, gelar kompetisi, sains antar madrasah

Kemenag Rohil Gelar Kompetisi Sains Antar Madrasah

Rokan Hilir (Antarariau.com)-Puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau akan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah di Kantor Kementerian Agama pada 21 Juli 2016.

Kepala Kemenag Rohil Agustiar di Bagansiapiapi, Rabu, mengatakan bahwa Kompetisi Sais Madrasah (KSM) merupakan wadah untuk meningkatkan mutu pendidikan sains pada madrasah. Ia menilai melalui ajang tersebut diharapkan dapat membangun kemampuan bagi madrasah di Kabupaten Rohil dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

"Dari kompetisi ini kita harapkan mampu memupuk dan memotivasi siswa madrasah untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah merupakan agenda tahunan Direktorat Madrasah sejak tahun 2012," kata Agustiar kepada wartawan.

Ia menjelaskan, KSM nantinya akan mempertandingkan beberapa mata pelajaran sains seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, termasuk Fisika serta lainnya.

"Sama halnya pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk mengoptimalkan penyelenggaraan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2016, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Madrasah telah menyusun Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2016 sebagai acuan umum bagi semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan kompetisi ini," ujarnya.

Jauh hari sebelum KSM dibuka, Kantor Kementerian Agama Rohil telah mengimbau madrasah-madrasah melalui para Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah agar menyiapkan siswanya.

"Para guru sudah kita imbau agar supaya melaksanakan tugas bimbingan terhadap siswa-siswi yang akan mengikuti kompetisi ajang KSM ini. Dengan begitu, model soal KSM menjadi modal besar pada proses pembimbingan siswa agar dapat terarah sehingga mendapat hasil yang maksimal di ajang kompetisi sains tersebut," kata Agustiar. (ADV)

Oleh: Dedi Dahmudi