Aksi Solidaritas Kemenag Rohil Himpun Rp17 Juta Untuk Pengungsi Rohingya

id aksi solidaritas, kemenag rohil, himpun rp17, juta untuk, pengungsi rohingya

Aksi Solidaritas Kemenag Rohil Himpun Rp17 Juta Untuk Pengungsi Rohingya

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, menghimpun dana Rp17 juta yang akan disalurkan sebagai bantuan bagi muslim Rohingya atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Rakhine State Myanmar itu.

"Bantuan ini diserahkan ke Kanwil Kemenag Riau untuk selanjutnya diserahkan ke warga muslim yang dilanda bencana tersebut," kata Kepala Kantor Kemenag Rokan Hilir H Agustiar S Ag di Pekanbaru, Senin.

Menurut Agustiar didampingi Kasi Penmad Rokan Hilir H Naini S Ag, bantuan itu diterima oleh Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Riau HM Saman S Sos M SI didampingi Kasi HBI H Damhir, Kasi MTQ H Masjekki Amri dan Kasi Wakaf Hj Musalmah MA.

Agustiar mengatakan hasil penggalangan dana yang diserahkan tersebut merupakan tahap pertama karena belum semua satker di lingkungan Kemenag Rokan Hilir yang menyerahkannya.

"Ini baru tahap awal, Insya Allah akan ada tahap selanjutnya menjelang batas akhir 30 September 2017 ditetapkan Kanwil Kemenag Riau dari surat edarannya. Beberapa sekolah atau madrasah sudah menyerahkan bantuannya terlebih dahulu berkisar Rp10 juta," katanya.

Ia mengatakan sudah ratusan ribu warga yang telantar dan mengalami kekerasan fisik memperihatinkan hingga terpaksa mengungsi ke India dan Bangladesh, selain orang tua, juga balita mengalami penderitaan.

Oleh karena itu, bantuan segelintir dari kita ini, diharapkan akan dapat meringankan beban penderitaan mereka, dan tetap berdoa semoga bencana ini cepat selesai.

"Kami masih menunggu bantuan tahap dua berikutnya, hingga batas akhir ditentukan sehingga bisa lebih besar lagi bantuan bisa disalurkan," katanya.