Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman Tinjau Jalan Lintas Tebing Tinggi Okura-Perawang

id gubernur riau, arsyadjuliandi rachman, tinjau jalan, lintas tebing, tinggi okura-perawang

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman Tinjau Jalan Lintas Tebing Tinggi Okura-Perawang

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman setelah menyaksikan pemberian bantuan 300 paket sembako gratis yang digelar oleh Persatuan Istri Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Tinggi Pratama Perempuan dilingkungan pemerintah provinsi Riau di Kelurahan Tebing Tinggi Okura kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru, Sabtu (18/6/2016), Gubri langsung melanjutkan peninjauan jalan lintas Pekanbaru-Perawang yang melewati kelurahan Tebing Tinggi Okura.

Dengan menggunakan mobil dinasnya Gubri didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika pemprov Riau Yogi Getri, Kepala Biro Humas Setdaprov Riau Darusman, Camat Rumbai Pesisir Yuliarso, Kasubag Dokumentasi Biro Humas Setdaprov Riau Sutrisno dan beserta rombongan lainya, melakukan pengecekan melintasi jalan tembus kelurahan Tebing Tinggi Okura ke Perawang Kabupaten Siak sepenjang 8,5 kilometer.

Jalan tersebut merupakan jalan Alternatif yang melintasi PT Sir dan PT Rosna berada dibawah wilayah administrarif pemerintah kota Pekanbaru 6,5 kilometer dan pemerintah kabupaten Siak 2 kilometer, dan diperkirakan hampir 1000 kendaraan melewati jalan ini.

Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman disaat melakukan peninjauannya mengatakan, jalan lintas Tebing Tinggi Okura menuju Perawang merupakan jalan yang kedepanya sangat diharapkan masyarakat, kuhusnya masyarakat Pekanbaru dan Siak, jalan ini merupakan jalan yang jaraknya tidak jauh dengan jalan ringroad Pekanbaru (jalan lingkar, red) dan dekat dengan rencana pembangunan jembatan Siak V.

"Jadi inikan jalan yang kita harapakan kedepan. Ini merupakan jalan lintas yang menghubungkan kota Pekanbaru dengan Perawang kabupaten Siak yang melewati kelurahan Tebing Tinggi Okura Rumbai Pesisir. Dan saya datang kemari untuk melihat persis kondisinya bagaimana," ujar Gubri yang biasa kerab disapa Andi Rachman.

"Misalkan tahun 2016 ini bisa kita buka ya tahun ini kita akan buka, tapi kalau tidak bisa ya tahun depan (2017). Apalagi jalan ring road kota Pekanbaru tidak jauh dari sini dan dekat dengan adanya rencana pembangunan Siak V, mangkanya saya ingin tahu betul dan melihat kondisinya di lapangan," ujar Andi Rachman.

Tokoh masyarakat Tebing Tinggi Okura Sarbaini pada kesempatan yang sama mengatakan, dengan tembusnya jalan tersebut warga Pekanbaru dan Siak tidak menempuh jarak yang jauh, "Yang bisa menikmati jalan ini nantinya bukan hanya masyarakat Okura dan Perawang saja tapi siapa saja yang mau berpergian dari Pekanbaru ke Siak atau sebaliknya," tutur Sarbaini.

"Jalan ini juga merupakan akses atau jalur ekonomi masyarakat Pekanbaru dan Perawang, banyak masyarakat yang berkebun dan bekerja ke Perawang setiap harinya melewati jalan ini," ujarnya lagi.

Dengan dibukanya jalan tembus Tebing Tinggi Okura - Perawang, maka ada penghematan jarak tempuh 8,5 kilometer, bila dari dari Pekanbaru melewati Minas menuju Perawang, para pengguna jalan harus menempuh jarak 35 kilometer. (hru/hms)