Pemkab Kuansing Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penggunaan Dana Desa

id pemkab kuansing, gelar rapat, koordinasi dan, evaluasi penggunaan, dana desa

Pemkab Kuansing Gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Penggunaan Dana Desa

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menggelar rapat koordinasi pengelolaan dana desa tahun 2016 dengan mengundang seluruh instansi terkait.

" Ini untuk mengevaluasi kegiatan penggunaan dana desa yang telah berjalan maupun sedang berjalan agar kedepan lebih baik," kata Sekretaris Daerah Kuantan Singingi Muharman M.Pd di Teluk Kuantan, Kamis.

Ia mengatakan, dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah harus berjalan dengan lancar dan semua program diharapkan selesai dengan baik tanpa ada suatu masalah yang dapat merugikan banyak pihak, karena anggaran yang diberikan sangat tinggi perlu pemahaman yang lebih baik agar tidak salah aturan.

Semua instansi terkait yang berkaitan dengan program kerja desa harus mampu memberikan pengawasan, dorongan agar semua yang direncanakan di desa dapat berhasil tanpa ada kesulitan, walaupun tahun 2015 ternyata masih ada temuan sejumlah persoalan terkait penggunaan dana yang dikucurkan pemerintah yang dinilai belum optimal.

" Pemerintah desa harus secepatnya menyelesaikan semua persyaratan dan berkas kegiatan sebelumnya agar anggaran tahun 2016 bisa realisasi dengan baik," sebut Muharman.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana Irwandi MM mengatakan, semua program penggunaan dana desa telah disosialisasikan dan bahkan arah penggunaan ADD sudah disampaikan kepada seluruh perangkat desa.

" Karena itu diyakini semua akan berjalan sesuai aturan," ujarnya.

Menurutnya, ada sejumlah desa yang belum melengkapi berkas laporan penggunaan ADD akan segera di sikapi sehingga untuk tahun 2016 berjalan dengan lancar karena tujuan pemerintah adalah untuk mensejahterakan masyarakat.

" Evaluasi kegiatan sangat penting dalam rangka mencapai tujuan lebih baik lagi," ucapnya.

Apa yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kuansing Muharman, bahwa masih ada sejumlah desa yang kegiatan belum berjalan efektif seperti tahun 2015 akan dijadikan tolak ukur untuk kegiatan 2016. (ADV)