Bau Sampah Menyengat di Jalan Rajawali Pekanbaru, Pedagang Buah Rugi

id bau sampah, menyengat di, jalan rajawali, pekanbaru pedagang, buah rugi

Bau Sampah Menyengat di Jalan Rajawali Pekanbaru, Pedagang Buah Rugi

Oleh Nella Marni

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Masyarakat sekitar Tempat Penampungan Sampah sementara yang berada di Jalan Rajawali, kota Pekanbaru, Riau mengeluh karena bau menyengat dari TPS.

"Hari ini sudah masuk tiga hari mobil operasi dari dinas kebersihan tidak datang memungut sampah disini," ujar salah satu warga yang tinggal di dekat TPS jalan Rajawali, Simon, Minggu.

Dari pantauan Antara di lapangan, kondisi TPS yang ada di jalan Rajawali, kecamatan Sukajadi, kota Pekanbaru ini cukup memprihatikan. Sampah-sampah tampak berserakan dengan baunya begitu menyengat. Bahkan sudah sampai ke badan jalan, sehingga mengganggu arus lalu lintas.

Dikatakan Simon, keadaan sampah tersebut jelas membuatnya terganggu. Ia berharap petugas kebersihan segera memindahkannya, karena dekat dengan pemukiman warga.

"Kalau bisa petugas segera memindahkannya, karena sangat menganggu, apalagi dekat juga dengan pemukiman warga, selain itu ini kan juga termasuk berada di dalam kota," ucapnya saat ditemui Antara.

Menurutnya, tidak hanya masyarakat sekitar saja yang merasa terganggu dengan tumpukan sampah tersebut. Para pengendara juga merasa risih dan mengomel, karena sampahnya sudah mencapai badan jalan.

Hal senada juga disampaikan Zunita, seorang pedagang buah di seberang TPS. Dikatakannya, jualannya menjadi tidak laku karena tumpukan sampah tersebut, karena pembeli menjadi malas untuk mampir karena baunya menyengat.

"Yang jelas sampah itu sangat menganggu warga dan orang yang lewat, jualan kami juga jadi tidak laku. Sudah tiga hari ini tidak ada petugas, dan sampah semakin menggunung. Kalau tidak juga di angkat akan memenuhi jalan," ujarnya.

Menurutnya, jika ada permasalahan sehingga membuat petugas kebersihan tidak mau lagi beroperasi, harus dengan cepat diselesaikan.

Sementara itu, Rian yang salah seorang pengendara yang melewati TPS, merasa sangat terganggu dengan tumpukan sampah tersebut.

"Sampahnya sudah sampai ke badan jalan, ini sangat menganggu arus lalu lintas kami," ungkapnya.

Dari pantauan, sampah-sampah tidak hanya menumpuk di TPS jalan Rajawali saja, tetapi sepanjang depan perumahan dan toko yang ada di jalan Rajawali dan Balam juga terapat banyak sampah yang belum diangkat petugas kebersihan.