Warga Dumai Keluhkan Bau Sampah

id warga dumai, keluhkan bau sampah

Dumai, 28/11 (ANTARA) - Warga Kota Dumai, Riau, khususnya yang berada di Jalan Meranti Laut, Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan, Kecamatan Dumai Barat, mengeluhkan bau sampah yang kian menyengat.

Seorang warga setempat, Suhadi (25), kepada ANTARA, Minggu, mengatakan, bau tidak sedap tersebut bersumber dari tumpukan sampah rumah tangga dan pasar yang tertumpuk hingga berminggu-minggu.

"Kami berharap pemerintah dapat menangani permasalahan ini dengan cara mengirimkan truk sampah untuk mengangkutnya dan membuangnya ke tempat pembuangan sampah yang disedikan," katanya.

"Sampah yang dibuang sembarangan oleh masyarakat sekitar itu kini keadaannya sudah bertumpuk dan dipenuhi lalat sebagai sumber penyakit. Jika tidak ditangani secepatya, selain akan mengganggu kenyamanan lingkungan warga, juga akan menjadi malapetaka bagi warga dengan ancaman tebaran penyakit," kata seorang warga setempat lainnya, Aryanto (45).

Dikatakannya, awalnya sampah-sampah itu sedikit, namun berserakan hingga membentuk tumpukan-tumpukan kecil di hampir sepanjang jalan.

"Lama kelamaan, tumpukan itu membukit dan sudah jadi tempat pembuangan sampah masyarakat sekitar. Selain sampah rumah tangga, juga banyak sampah pasar plastik, dan sisa kotoran pasar lainnya," ujar Aryanto.

Menurut pria dua anak ini, sampah-sampah tersebut apabila dibiarkan dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan berbagai penyakit.

"Mohon kiranya sampah ini segera diangkat oleh petugas kebersihan Pemko Dumai sebelum wabah penyakit melanda warga," kata Aryanto berharap.