Sebelum Didatangi Presiden, Pemko Pekanbaru Optimistis Selesaikan Jalan Masuk Tol

id sebelum didatangi, presiden pemko, pekanbaru optimistis, selesaikan jalan, masuk tol

Sebelum Didatangi Presiden, Pemko Pekanbaru Optimistis Selesaikan Jalan Masuk Tol



Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Bina Marga Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengaku optimis mampu menyelesaikan pembangunan akses jalan menuju pintu tol Pekanbaru-Dumai pada Mei 2016.

"Ini sudah sesuai kontrak kerja proyek pembangunan jalan lingkar luar paket C," ungkap Kepala Dinas Bina Marga Kota Pekanbaru, Zulkifli Harun, di Pekanbaru, Rabu.

Zulkifli menjelaskan, pembangunan tersebut memang sedang dinanti oleh semua pihak karena akan jadi titik awal peletakan batu pertama proyek pembangunan tol Pekanbaru- Dumai oleh Presiden Joko Widodo.

Memang diakuinya saat ini masih pada etape pembukaan badan jalan. Selanjutnya akan dilakukan pengerasan.

"Sekarang sudah dimulai, tanggung jawab kami hanya sampai pengerasan sepanjang 1,8 kilometer. Itu tidak memakan waktu lama," bebernya.

Menurut Zulkifli, sejauh ini untuk pembukaan jalan akses tol Pekanbaru-Dumai, dari Jalan Yos Sudarso, menuju pintu tol lokasi peletakan batu pertama tidak ada kendala.

"Kami optimistis kegiatan pengerasan jalan akses tersebut tuntas sebelum peletakan baru pertama jalan tol," sebutnya.

Zulkifli juga menjelaskan, jalan akses tersebut terhubung langsung dengan jalan lingkar luar kota Pekanbaru hingga ke Jembatan Siak V.

Dengan anggaran proyek tahun jamak, pembangunan jalan lingkar luar dimulai tahun lalu.

"Pekanbaru sudah mengalokasikan dana Rp82 miliar untuk pembuatan jalan lingkar luar paket C yang menuju pintu tol," tambahnya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pekanbaru, Dedi Gusriadi, menyebut akses jalan yang sedang pengerasan itu akan diaspal kontraktor yang membangun jalan tol itu.

Nantinya, kualitas aspal yang ada di jalan tol akan sama dengan kualitas jalan yang sedang pengerasan.

"Tanggungjawab hanya melakukan pengerasan 1,8 kilo itu. Mereka mau kualitas aspal di jalan pintu masuk sama dengan kualitas aspal untuk jalan tol," tambah Dedi.