Dinas Perkebunan Indragiri Hilir Tingkatkan Produksi Kelapa

id , dinas perkebunan, indragiri hilir, tingkatkan produksi kelapa

  Dinas Perkebunan Indragiri Hilir Tingkatkan Produksi Kelapa

Tembilahan, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau berupaya meningkatkan produksi kelapa yang ada di daerah itu salah satunya dengan program peremajaan pohon kelapa.

"Tahun lalu, peremajaan pohon kelapa telah dilakukan di beberapa kecamatan, diantaranya ialah Kecamatan Enok, Gas, dan Kecamatan Keritang," kata Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir Normansyah di Tembilahan, Selasa.

Tahun ini, lanjutnya, rencananya akan dilakukan peremajaan pohon kelapa di Kecamatan Tempuling, Gaung, Enok, Tanah Merah dan Keritang.

"Kecamatan Enok ini merupakan salah satu kecamatan yang perkebunan kelapa rakyatnya mengalami kerusakan yang cukup berat," ujarnya.

Selain peremajaan pohon kelapa, katanya, peningkatan produksi kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir juga harus diimbangi dengan perbaikan sarana maupun prasarananya.

"Upaya peningkatan hasil produksi tidak bisa hanya dengan peremajaan pohon kelapa namun, juga mesti diiringi dengan trio tata air yang meliputi pintu klep dan tanggul serta normalisasi parit," sebutnya.

Sektor perkebunan merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Kabupaten Indragiri Hilir yang terdiri dari berbagai komoditas diantaranya yaitu kelapa lokal, hibrida, pinang, coklat, karet dan kopi serta sagu.

"Hampir 70 persen perekonomian masyarakat Indragiri Hilir bergantung pada kelapa, oleh sebab itu perbaikan kebun kelapa rakyat menjadi prioritas Bupati Indragiri Hilir, Muhammad Wardan," katanya. (Adv)