Tentara Nigeria Bebaskan Hampir 180 Orang Yang Disandera Boko Haram

id tentara, nigeria bebaskan, hampir 180, orang yang, disandera boko haram

Lagos, (Antarariau.com) - Tentara Nigeria telah membebaskan 178 orang yang disandera oleh kelompok Boko Haram termasuk lebih dari 100 anak-anak, menurut pernyataan militer, Minggu(2/7), dalam sebuah serangan regional yang bertujuan membasmi pemberontakan.

"Selama operasi ofensif, 178 tawanan yang ditahan oleh teroris diselamatkan, mereka masing-masing terdiri dari 101 anak-anak, 67 wanita, dan 10 pria," kata Juru Bicara Militer Kolonel Tukur Gusau dalam sebuah pernyataan.

Penyelamatan terjadi di dekat Aulari sekitar 70 kilometer atau 40 mil selatan dari Maiduguri, kota terbesar di timur laut Nigeria, kata dia tanpa menyebutkan kapan operasi itu dilakukan.

"Selain itu, salah seorang komandan teroris Boko Haram ditangkap hidup-hidup dan saat ini menjalani pemeriksaan," kata juru bicara itu.

Militer Nigeria telah mengumumkan pembebasan ratusan orang yang ditahan oleh Boko Haram dalam beberapa bulan terakhir, terutama di hutan terkenal Sambisa. Hutan tersebut telah lama menjadi benteng dari kelompok yang sekarang juga telah berafiliasi dengan Negara Islam (IS) itu.

Pekan lalu, militer mengatakan telah membebaskan 30 sandera di sekitar 90 kilometer sebelah timur dari Maiduguri serta membebaskan 59 tawanan dalam operasi lainnya dekat Kota Konduga di daerah yang sama.

Sebelumnya pada Minggu militer Nigeria mengatakan telah melakukan serangan udara di Desa Bita, tidak jauh dari hutan Sambisa, tempat Boko Haram sedang mempersiapkan untuk meluncurkan serangan. Banyak anggota milisi yang tewas, kata pihak militer tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pemberontakan berdarah Boko Haram di Nigeria telah menewaskan lebih dari 15 ribu orang sejak 2009. Dalam beberapa bulan terakhir, kelompok ini telah semakin memperluas operasinya ke negara-negara tetangga dari Nigeria.