Bupati Inhil Ingin Kembangkan Pasar Dayang Suri

id bupati inhil, ingin kembangkan, pasar dayang suri

Bupati Inhil Ingin Kembangkan Pasar Dayang Suri

Tembilahan, (Antarariau.com) - Bupati Indragiri Hilir HM Wardan berencana untuk mengembangkan Pasar Dayang Suri di Kota Tembilahan sembagai tempat wisata khusus berbelanja batu akik di daerah pesisir Provinsi Riau.

HM Wardan menilai rencana menjadikan Pasar Dayang Suri sebagai pasar wisata batu akik merupakan solusi agar bangunan tersebut tidak lagi terbengkalai.

"Bangunan ini sudah sekian tahun tak difungsikan, jadi ketika melihat animo masyarakat yang banyak menjual batu akik, makanya saya rasa, tempat ini bisa digunakan khusus untuk pengrajin batu," kata Wardan saat membuka pameran batu akik, Rabu.

Karena itu, ia meminta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Inhil Pahrolrozy untuk merenovasi beberapa bagian pada lantai tiga yang rencananya digunakan untuk pengrajin batu akik.

"Sesuai perintah Bupati yang ingin lantai tiga Pasar Dayang Suri jadi tempat wisata belanja batu akik, maka kita akan kondisikan itu, tapi kusus untuk pengrajin asal Inhil saja," kata Pahrolrozy.

Pengrajin batu akik yang ada di Inhil akan dikumpulkan di satu tempat tersebut, termasuk pengrajin yang selama ini berjualan di emperan-emperan toko. "Kita kumpulkan semua, apalagi siapa yang daftar pada kita, nantinya tempat itu akan jadi hak milik mereka secara gratis," ujarnya.

Dengan sudah difasilitasi seperti itu, Pahrolrozy berharap para pengrajin lebih meningkatkan kreatifitas lagi dalam menekuni profesi sebagai pengrajin batu akik. "Apalagi sumber daya alam kita menjanjikan, tinggal pengrajinnya saja lagi berkreatfitas, harapan saya dengan ini dapat menambah penghasilan rumah tangga," katanya. (adv)