Kapolsek Sungai Sembilan ajak masyarakat bersama jaga keamanan jelang pilkada

id Polres Dumai

Kapolsek Sungai Sembilan ajak masyarakat bersama jaga keamanan jelang pilkada

Polsek Sungai Sembilan saat berdiskusi bersama masyarakat. (ANTARA/HO-Polres Dumai)

Dumai (ANTARA) - Polsek Sungai Sembilan, Polres Dumai, menggelar kegiatan cooling system dalam bentuk diskusi grup terfokus (FGD) di Jalan Sei Paul, Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, guna menghadapi pilkada serentak, Selasa.

Kapolsek Sungai Sembilan AKP Edwi Sunardi yang memimpin diskusi mengajak seluruh pihak untuk menjaga kondusifitas selama tahapan pilkada berlangsung.

“Kami mengharapkan peran aktif masyarakat serta penyelenggara dan pengawas pemilu untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama Pilkada 2024, khususnya di wilayah Kecamatan Sungai Sembilan,” ujar Edwi Sunardi.

Kegiatan FGD ini juga menjadi sarana penting bagi Polsek Sungai Sembilan dalam mendiskusikan perkembangan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah tersebut.

Dalam diskusi tersebut, berbagai isu yang berkembang selama masa pilkada turut dibahas, khususnya yang berpotensi mempengaruhi stabilitas keamanan di wilayah Kecamatan Sungai Sembilan.

"Isu-isu yang berkembang harus kita waspadai bersama agar tidak menciptakan konflik di masyarakat," tegas Edwi.

Edwi Sunardi juga menegaskan kesiapan jajaran Polres Dumai dalam mengamankan seluruh tahapan pilkada, baik pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai, maupun pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

"Polres Dumai telah menyiapkan personel yang akan dikerahkan dalam Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024 untuk memastikan pilkada berjalan lancar," jelasnya.

Edwi juga menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama Pilkada, serta menanggulangi segala potensi ancaman yang dapat mengganggu jalannya pemilu.

"Kita tidak boleh lengah. Potensi ancaman baik berupa konflik sosial maupun kampanye hitam harus segera diantisipasi dengan pendekatan persuasif dan preventif," imbuhnya.