Kapolres Inhil akan tindak tegas masyarakat pembakar lahan sembarangan

id Kalahut desa Simpang Jaya,Kapolres Inhil, AKBP Budi Setiawan,Karhutla, karhutla riau

Kapolres Inhil akan tindak tegas masyarakat pembakar lahan sembarangan

Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan saat turun langsung memadamkan api Karlahut di Parit 10 Desa Simpang Jaya, Kecamatan Batang Tuaka, Kamis (8/8/2024). (ANTARA/HO-Polres Inhil)

Tembilahan (ANTARA) - Kepala Polres Indragiri Hilir AKBP Budi Setiawan mengingatkan seluruh masyarakat untuk bekerjasama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan tidak membakar lahan sembarangan.

Budi Setiawan menegaskan akan memberikan tindakan tegas kepada pelaku pembakar lahan sembarangan baik dengan alasan membersihkan atau membuka lahan.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat khususnya Inhil tidak membakar lahan sembarangan, baik membersihkan ataupun membuka lahan. Polda Riau khususnya Polres Inhil beserta Polsek jajaran akan menindak tegas pelaku yang mengakibatkan karhutla," kataBudi, Kamis.

Kaplores Inhiljuga sempat turun langsung memadamkan karhutla di Desa Simpang Jaya, Kecamatan Batang Tuaka.

Dikatakannya, saat ini titik api di lokasi kejadian sudah berhasil dipadamkan namun pendinginan dan penyekatan masih dilakukan agar tidak menimbulkan titik api baru.

“Untuk kondisi saat ini api di TKP karhutla Desa Tanjung Jaya sudah padam, namun terus dilakukan pendinginan dan penyekatan oleh tim di lapangan agar tidak menimbulkan titik api baru yang dapat meluas dan melebar, dan saat ini pendinginan dan penyekatan masih berlangsung,” ungkapnya

Pemadaman karhutla yang berada di parit 10 itu, diikuti PJU dan personil Polres Inhil, Polsek Batang Tuaka, TNI, BPBD dan masyarakat sekitar.

AKBP Budi memastikan polres dan jajaran polsek jajaran berkomitmen akan segera dan secepatnya memadamkan kebakaran hutan. "Pantang pulang sebelum api benar-benar padam," katanya.