Siak sabet juara umum pencak silat Popda VI Riau

id Cabor pencak silat, Siak juara umum, Popda XVI Riau

Siak sabet juara umum pencak silat Popda VI Riau

Kontingen Cabor Pencak Silat Kabupaten Siak yang berlaga di Popda XVI Riau di Pekanbatu dengan meraih juara umum. ANTARA/HO-IPSI Siak

Siak, Riau, (ANTARA) - Kabupaten Siak menjadi juara umum cabang olahraga pencak silat dalam Pekan Olahraga Pelajar (Popda) XVI Riau 2024 di Kota Pekanbaru.

"Alhamdulillah, kontingen Pencak Silat Kabupaten Siak meraih juara umum dengan torehan 8 emas, 2 perak dan 2 perunggu," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Siak Syahruddin Siregar di Siak pada Kamis.

Dari delapan emas, enam diraih dari nomor laga dan dua dari nomor seni, yang dipersembahkan oleh delapan pesilat putri dan dua pesilat putra.

Medali perak masing-masing diraih oleh seorang atlet putra dan seorang putri, sedangkan kedua medali perungggu direbut pesilat putri.

Atlet-atle pencak silat Siak berjuang hebat mengungguli tim Pekanbaru dan Rokan Hulu. Pekanbaru sendiri mengumpulkan 7 emas, 3 perak, dan 6 perunggu.

Rokan Hulu mendapatkan 3 emas, 2 perak, dan 2 perunggu, sedangkan Dumai pada peringkat empat dengan 3 emas, 1 perak, dan 4 perunggu. Diikuti Kampar pada peringkat lima dengan 1 emas, 3 perak, dan 7 perunggu.

Kuantan Singingi pada peringkat 6 dengan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu, Bengkalis pada urutan tujuh dengan 9 perak dan 5 perunggu, Pelalawan urutan 8 dengan 1 perak dan 8 perunggu, Rokan Hilir menempati peringkat 9 dengan 1 perak dan 5 perunggu, sementara Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti masing masing dua medali perunggu.

"Ini prestasi yang luar biasa ditorehkan oleh atlet pencak silat Kabupaten Siak. Selamat atas gelar juara yang berhasil diraih. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi seluruh atlet untuk meningkatkan prestasinya," kata Syahruddin.

Data perolehan medali Popda Riau 2024, Kabupaten Siak menduduki posisi ketiga setelah Pekanbaru dan Bengkalis dengan total 13 medali emas, 12 medali perak dan 15 medali perunggu.

Pekanbaru memuncaki klasemen medali dengan 32 emas, 26 perak, dan 28 perunggu.