Pekanbaru juara umum pada Popda XVI Riau 2024

id Pemerintah Provinsi Riau,Popda riau

Pekanbaru juara umum pada Popda XVI Riau 2024

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Erisman Yahya saat menyerahkan penghargaan kepada Pemkot Pekanbaru yang menjadi juara umum sekaligus menutup penyelenggaraan Popda XVI Riau 2024 di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, Kamis (4/7/2024). ANTARA/HO-Humas Pemprov Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Kontingen Kota Pekanbaru kembali menjadi juara umum untuk ketiga kali dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Riau 2024 dengan perolehan 37 medali emas, 27 perak dan 36 perunggu.

"Karena Pekanbaru sudah tiga kali berturut-turut menjadi juara umum maka untuk kegiatan yang sama tahun depan akan digelar pesaing dari Kota Pekanbaru sehingga pelaksanaan Popda lebih kompetitif," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Erisman Yahya saat menutup penyelenggaraan Popda XVI Riau 2024 di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan Popda Riau sudah berlangsung dengan lancar dan sukses. Begitu juga dengan pemenangnya yakni, Kota Pekanbaru yang bisa mempertahankan juara umum ke tiga kalinya.

Namun demikian katanya pembinaan atlet Riau harus lebih baik lagi serta penyelenggaraan Popda tahun 2026 juga harus lebih berkualitas dan kompetitif sehingga sarana penggalian bibit atlet berbakat untuk menuju pertandingan nasional dan internasional diyakini akan makin lebih banyak lagi.

"Karena itu pada Popda tahun 2026 semoga ada persaingan yang ketat antar daerah, sekaligus memicu semangat bagi kabupaten dan kota di Riau guna mengalahkan Kota Pekanbaru yang masih berada pada posisi tertinggi meraih medali," katanya.

Berdasarkan data perolehan medali Popda XVI Riau 2024 adalah Pekanbaru sebanyak 37 emas, 27 perak dan 36 perunggu, Bengkalis 21 emas, 31 perak dan 19 perunggu. Kabupaten Siak 17 emas, 14 perak dan 21 perunggu, Kota Dumai 10 emas, 6 perak dan 11 perunggu, Kabupaten Kampar dengan 9 emas, 11 perak, dan 16 perunggu.

Berikutnya Kabupaten Rokan Hulu meraih 6 emas, 7 perak dan 9 perunggu, Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 4 emas, 3 perak dan 7 perunggu dan Kabupaten Pelalawan sebanyak 4 emas, 1 perak dan 12 perunggu, serta Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 2 emas, tujuh perak dan 6 perunggu. Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 3 perak dan 6 perunggu, Kabupaten Indragiri Hilir 3 perunggu, Kabupaten Kepulauan Meranti memperoleh 3 perunggu.