Investasi di Pekanbaru triwulan I capai Rp1,6 triliun

id Realisasi investasi pekanbaru, investasi Triwulan I, penanaman modal

Investasi di Pekanbaru triwulan I capai Rp1,6 triliun

Ilustrasi. (ANTARA/Harviyan Perdana Putra)

Pekanbaru, (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyampaikan realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) pada triwulan I mencapai Rp1,6 triliun.

Kepala DPMPTSP Pekanbaru, Akmal Khairi, Selasa mengatakan, target investasi dari pemerintah pusat untuk Pekanbaru pada tahun 2024 sebesar Rp5,091 triliun. Sedangkan target Pemerintah Kota yang ada di rencana strategis sebesar Rp 4,9 triliun.

“Untuk relalisasitriwulan 1 sudah mendapat Rp 1,6 triliun," kata Akmal Khairi.

Untuk serapan tenaga kerja PMDN pada triwulan 1 sebanyak 2.353 yang semuanya Tenaga Kerja Indonesia. Sementara untuk serapan tenaga kerja PMA pada triwulan 1 sebanyak 138 yang semuanya juga TKI.

Dia mengatakan pihaknya melakukan berbagai upaya dalam mencapai target investasi. Di antaranya memberikan berbagai kemudahan dalam perizinan kepada investor agar menanamkan modalnya di kota Pekanbaru.

Para investor lanjutnya bisa mengakses layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru. Tim di lapangan juga melakukan pembinaan, pengawasan dan percepatan realisasi investasi bagi investor potensial.

Selain itu disampaikannya, pihaknya juga melakukan pembinaan, pengawasan dan percepatan realisasi investasi bagi investor potensial. Untuk itu ia mengaku optimis dapat mencapai target investasi kota Pekanbaru yang telah ditetapkan

Sebelumnya realisasi investasi daerah setempat tahun 2023 mencapai Rp6,4 triliun dan melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp4,95 triliun. Ini merupakan capaian target tertinggi sepanjang DPMPTSP Pekanbaru berdiri.