Festival Pacu Jalur masuk 10 besar pariwisata KEN Indonesia 2024

id Teluk Kuantan,Kuantan Singingi

Festival Pacu Jalur masuk 10 besar pariwisata KEN Indonesia 2024

Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi pada tahun 2023. (ANTARA/Vera Lusiana)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi masuk ke dalam 10 besar kharismaevent(KEN) nasional sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan nasional ke Kota Jalur ini.

Kondisi ini juga akan membantu peluang usaha kecil dan menengah masyarakat untuk terus berkembang.

"Melalui FPJ yang sudah menyapa dunia, sudah ratusan tahun dilestarikan, ternyata menjadi kebanggaan seluruh warga Kuansing di mana saja berada," kataBupatiKuansingSuhardimanAmby di Teluk Kuantan, Ahad.

Menurutnya, suksesnya, FPJ sebagai Top Ten KEN 2024 juga akan berdampak positif dalam menggeliatkan usaha berbagai bidang, baik itu pendidikan, kerajinan khas daerah maupun usaha kuliner milik warga Kuansing.

Selain itu, juga membuka peluang usaha bagi pedagang dari berbagai daerah untuk berusaha di Kuansing.

Tentu, ke depan masyarakat berharap pihak Kemenparekraf RI tetap konsisten ikut mempromosikan iven budaya pacu jalur setiap tahunnya.

Bahkan, setiap acara FPJ dihadiri wisatawan dari Asia Tenggara. Pada saat acara berlangsung digelar sejumlah perlombaan seni budaya menarik di Tepian Narosa.

Sementara, Kadis Pariwisata Kuansing Azhar Ali menyebutkan, di tahun 2024 ini ada enam iven pariwisata dari Provinsi Riau yang masuk dalam KEN 2024.

Adapun yang masuk dalam KEN 2024 asal Riau adalah Festival Pacu Jalur, Festival Bakar Tongkang di Rokan Hilir, Festival Rupat di Bengkalisi, Riau Global Music Festival di Pekanbaru, Kenduri Riau, dan Festival Siak Bermadah.

Seperti disebutkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, FPJ Kuansing memiliki keunggulan khusus.

Sandiaga Uno telah meluncurkan Kharisma Event Nasional tahun 2024, Sabtu, (27/1) di Sasono Langen Budoyo Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Ia juga memuji komitmen Pemerintah Daerah, terkhusus Bupati Kuansing Suhardiman Amby yang komit membesarkan iven budaya pacu jalur hingga eksis sampai saat ini.