Khofifah Indar Parawansa penuhi janji gabung ke TKN Prabowo-Gibran

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Khofifah

Khofifah Indar Parawansa penuhi janji gabung ke TKN Prabowo-Gibran

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/rwa/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memenuhi janji soal arah dukungan kepada pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subinato-Gibran Rakabuming Raka, yakni bergabung dengan Tim Kampanye Nasional (TKN).

"Saya sudah pulang umrah, sesuai janji saya bahwa saya siap masuk TKN," kata Khofifah di VIP Room Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu.

Khofifah menyatakan kesediaannya bergabung ke tim pemenangan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 2 sudah disampaikan kepada Sekretaris TKN Nusron Wahid.

Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut meminta Nusron untuk mencantumkan namanya di daftar TKN Prabowo-Gibran.

"Saya bilang silakan saya dimasukkan di dalam tim dan silakan disampaikan revisi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, mungkin besok baru diumumkan oleh TKN," ujar dia.

Bahkan, Khofifah menyebut siap apabila harus didapuk sebagai juru kampanye nasional (jurkamnas) pasangan Prabowo-Gibran. "Silakan saya dimasukkan sebagai jurkamnas," ucapnya.

Sementara, terkait jabatan Gubernur Jawa Timur yang masih diemban, Khofifah mengatakan siap mengikuti seluruh aturan.

Dia mencontohkan seperti halnya Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang kini sedang mengambil cuti di masa kampanye.

"Apa yang jadi regulasi akan saya ikuti, seperti Pak Wakil Gubernur ini cuti. Saya juga mengikuti sesuai SOP yang ada," katanya.

Sebelumnya pada Minggu, 10 Desember 2023 di Surabaya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan isyarat atau sinyal bergabung sebagai tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Resminya nanti Januari kawan-kawan," kata Khofifah.

Sinyal langkah dukungan Khofifah juga diperjelas dengan pernyataannya dengan menyebut bahwa partai-partai yang memberikannya rekomendasi maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024, merupakan bagian dari partai-partai pengusung Prabowo-Gibran yang tergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Sementara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni pasangan nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Masa kampanye ditetapkan mulai Selasa (28/11) hingga tanggal 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Pengamat: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kandidat cawapres perempuan terdepan

Baca juga: Khofifah Indar Parawansa ajak teladani pondasi toleransi warisan Kartini