Humpuss Maritim Internasional beli kapal tanker 6 juta dolar AS guna penuhi kebutuhan methanol

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, HUMI

Humpuss Maritim Internasional beli kapal tanker 6 juta dolar AS guna penuhi kebutuhan methanol

Dokumentasi - Armada layanan jasa pelayaran LNG atau gas alam cair PT Humpuss Maritime Tbk (Humi). (ANTARA//HO/HUMI)

Jakarta (ANTARA) - PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI), perusahaan transportasi energi dan jasa maritim, membeli kapal Oil & Chemical Tanker senilai 6 juta dolar AS untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap bahan dasar Biodiesel B35, yakni methanol.

Kapal dengan 8,821 DWT tersebut diserahterimakan di Batam pada hari Rabu, 8 November 2023. Dengan pembelian unit itu, HUMI merealisasikan pembelian satu dari tiga unit yang ditargetkan pada CAPEX 2023.

“Pembelian kapal Oil & Chemical Tanker tersebut merupakan salah satu bentuk strategi ekspansi Perseroan dalam memenuhi kebutuhan methanol yang terus meningkat,” kata Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut Tirta, peningkatan permintaan terhadap methanol merupakan dampak dari diperlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2023 terkait konservasi energi, di mana pemerintah akan meningkatkan persentase pencampuran bahan bakar nabati dalam bahan bakar minyak (BBM) jenis minyak solar dari 30 persen (B30) menjadi 35 persen (B35).

Dengan meningkatnya kebutuhan bahan bakar nabati, kebutuhan methanol sebagai bahan dasarnya pun ikut meningkat.

Selain itu, perkembangan industri nikel yang meningkatkan permintaan terhadap kebutuhan caustic soda dan asam sulfat turut mendongkrak kebutuhan methanol.

"Caustic soda dan asam sulfat ini sangat dibutuhkan oleh pabrik smelter dan juga pabrik baterai di Indonesia,” jelas dia.

Tirta menambahkan sektor bisnis angkutan petrokimia domestik, khususnya angkutan methanol, telah mencatatkan kinerja positif selama tiga tahun terakhir karena terjadi lonjakan muatan FAME terkait kebijakan pemerintah terhadap penggunaan Biosolar (B30) yang cukup signifikan.

Ke depan, segmen usaha Oil & Chemical diperkirakan dapat tumbuh dua kali lipat dalam lima tahun mendatang.

Oleh sebab itu, dengan adanya penambahan kapal tersebut, diharapkan dapat menjadi katalis positif untuk pertumbuhan perseroan, yakni mencetak peningkatan laba bersih sebesar 20 persen menjadi 13,1 juta dolar AS pada 2023.

Baca juga: HUMI siap dorong pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim di Tanah Air

Baca juga: HUMI siap lakukan akselerasi pertumbuhan bisnis perusahaan