Pemain legendaris PSIB era 1960-an kunjungi KONI Bengkalis

id KONI Bengkalis,kabupaten Bengkalis,PSPS,psib Bengkalis,pemain legendaris

Pemain legendaris PSIB era 1960-an kunjungi KONI Bengkalis

Pemain legendaris PSIB era 1960-an H. Usnan Yus menyerahkan cenderamata berupa arsip foto pertandingan PSIB melawan PSPS tahun 1964 kepada Ketua KONI Bengkalis. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Pemain Persatuan Sepakbola Indonesia Bengkalis (PSIB) tahun 1964-1969 HUsnan Yus sambangi KONI Bengkalis dan disambut langsung Ketua KONI Bengkalis Darma Firdaus Sitompul, S.AP,

Dalam pertemuan yang berlangsung secara sederhana tersebut, H Usnan Yus yang juga purnawirawan Polri dan pernah memperkuat tim sepakbola Polda Riau ini merasa bangga dengan keberadaan KONI saat ini yang telah banyak memberikan perhatian kepada atlet-atlet dan Kabupaten Bengkalis yang memiliki segudang atlet yang berprestasi.

Ia menceritakan, di era 1960-an, PSIB setiap tahunnya mengikuti seleksi yang diadakan oleh PSSI saat itu. Kadang seleksidiadakan di Tanjung Pinang, Bengkalis, Balai Karimun dan Pekanbaru.

"Setiap tahunnya, kita mengikuti seleksi yang diadakan PSSI di setiap daerah yang ditunjuk, dahulunya tim yang terkenal itu adalah tim dari Balai Karimun yang terkenal dengan Persatuan Sepakbola Karimun (PSK) yang merupakan donaturnya dari Bea Cukai yang ada di daerah tersebut," ujarnya.

Selain itu, PSIB juga pernah melakukan pertandingan dengan PSPS pada tahun 1964 dan kalah dengan skor 4:2. Walaupun di era tersebut sepakbola belum maju seperti saat ini, namun PSIB sudah dikenal.

"Saya berterima kasih dengan Ketua KONI Bengkalis yang telah menerima kedatangannya dan berharap untuk cabangsepakbola Bengkalis dapat kembali meriah prestasi seperti yang pernah ada sebelumnya," pintanya.

Sementara itu Darma Firdaus merasa bangga atas kedatangan salah seorang pemain lengendaris PSIB. Dari arsip foto yang diberikan tentu menjadi sebuah bukti bahwa Kabupaten Bengkalis sejak 1960-an sudah di dunia olahraga.

"Kedatangan H. Usnan ke KONI merupakan suatu kebanggaan bagi kami dan arsip foto pertandingan PSIB melawan PSPS pada tahun 1964 merupakan sebuah bukti arsip yang mengungkapkan bahwa Kabupaten Bengkalis di era tersebut sudah disegani oleh daerah lain," kata Darma.