Pengusaha Siak Harus Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

id pengusaha siak, harus prioritaskan, tenaga kerja lokal

Pengusaha Siak Harus Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Legislator Kabupaten Siak, Riau, menyatakan pengusaha setempat harus memberikan prioritas kepada tenaga kerja lokal demi mengatasi masalah pengangguran.

"Kami harapkan pengusaha paham dan mereka tidak mengabaikan tenaga kerja setempat," kata Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Siak Muhtarom dihubungi dari Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan saat ini banyak beroperasi pabrik kelapa sawit mini, namun pengusaha lebih mengutamakan pekerja dari Sumatera Utara dan Pulau Jawa.

Muhtarom mengatakan bila banyak pekerja lokal yang tidak ditampung maka dikhawatirkan dapat menimbulkan gejolak sosial.

Beberapa waktu lalu terjadi aksi demo terhadap pengusaha di Siak dengan tuntutan mempekerjakan tenaga kerja asal daerah ini.

Perlu komitmen bersama untuk mengatasi pengangguran terutama bagi pengusaha agar dapat menampung mereka sebagai karyawan.

Bila pimpinan pabrik kelapa sawit lebih mengutamakan pekerja dari Jawa atau daerah lain maka hal tersebut tidak mengurangi pengangguran.

Dia memberikan contoh kepada pabrik pengolahan bubur kertas yang menampung banyak pekerja lokal.

Dalam beberapa kali pertemuan Muspida, DPRD dan pengusaha lokal dan nasional masalah pekerja lokal itu juga pernah dibicarakan.

Bahkan pengusaha memberikan sinyal positif terhadap permintaan dari anggota DPRD dan Muspida setempat untuk menampung pekerja lokal.