Penjabat Sekda Kuansing minta perusahaan berdayakan tenaga kerja lokal

id Teluk Kuantan,Kuansing

Penjabat Sekda Kuansing minta perusahaan berdayakan tenaga kerja lokal

PJ Sekda Kuansing saat memberi sambutan di acara Bimtek 2024 .(ANTARA/dok)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kuantan Singingi (Kuansing) Fahdiansyah membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan rencana tenaga kerja mikro.

Pada kesempatan itu, ia meminta agar perusahaan yang beroperasi di Kuantan Singingi memprioritaskan dan memberdayakan tenaga kerja lokal.

"Terutama pada level tertentu, karena tenaga kerja lokal memiliki potensi dan berkompeten di bidang pekerjaan itu," katanya di Teluk Kuantan, Jumat.

Ia mengatakan, perusahaan yang beroperasi di Kuansing dengan menerima pekerja lokal berarti telah membantu pemerintah.

Hal ini, menurutnya, akan membantu mengurangi tingkat pengangguran dan bahkan banyak keuntungan bagi perusahaan dengan merekrut tenaga kerja lokal seperti temaga kerja paham daerah, kenal dengan tokoh masyarakat setempat dan tentunya berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

Kabupaten Kuansing memiliki SDM yang unggul, siap bersaing dalam dunia kerja dengan mempertahankan program beasiswa utusan daerah.

"Kini, kita mengirim putra-putri terbaik ke perguruan tinggi ternama di Indonesia. Targetnya lima ke depan, mereka pulang untuk membangun daerah melalui keahlian masing-masing," ujarnya.

Jadi, kata Fahdiansyah, komitmen seluruh perusahaan yang beroperasi di Kuansing adalah penting. Bertekat untuk membangun daerah sesuai bidang masing-masing.

Peran aktif pihak perusahaan dalam memanfaatkan SDM lokal secara berkelanjutan adalah harapan semua pihak.

Sehingga, bersama pemerintah mampu mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran.